Alhamdulillah, Ramadan Lalu Humanity Food Truck Jangkau Puluhan Ribu Warga Prasejahtera

Ramadan lalu, Humanity Food Truck telah membagikan lebih dari 61 ribu porsi makanan iftar dan sahur untuk warga prasejahtera di berbagai wilayah di Indonesia.

humanity food truck
Humanity Food Truck hendak membagikan makanan untuk warga prasejahtera. (ACTNews/Rizki Febianto)

ACTNews, JAKARTA – Pada Ramadan 1442 Hirjiah lalu, dampak pandemi Covid-19 masih menghinggapi masyarakat di Indonesia, membuat perekonomian merosot tajam, dan menganiaya hidup masyarakat prasejahtera. Mereka yang ekonominya telah sulit, banting tulang untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Kesulitan untuk mendapatkan makanan santap sahur dan berbuka pun mewarnai Ramadan mereka.

Untuk itu, Humanity Food Truck gencar melakukan aksinya selama Ramadan kemarin. Lewat Gerakan Sedekah Pangan Ramadhan yang digaungkan Aksi Cepat Tanggap (ACT), ratusan hidangan lezat dan bernutrisi tinggi buatan juru masak berstandar internasional, terus dibagikan tiap harinya kepada masyarakat prasejahtera melalui truk yang memiliki peralatan masak modern di dalamnya. 

Koordinator Humanity Food Truck Ryan Andrian Rachman menjelaskan, selama Ramadan, lebih dari 61 ribu warga prasejahtera di beberapa titik wilayah di Indonesia telah merasakan hidangan lezat dari Humanity Food Truck. "Jumlah tersebut merupakan total dari aksi Humanity Food Truck yang terbagi dalam dua jenis aksi, yakni aksi untuk iftar dan aksi untuk sahur," jelas Ryan, Selasa (18/5/2021)

Untuk bantuan sahur, Humanity Food Truck melakukan total 16 aksi, dan membagikan 5.191 hidangan siap saji ke sejumlah warga prasejahtera yang kesulitan untuk mendapatkan makanan santap sahur. "Misalnya kita pernah membagikan santapan sahur ke para pedagang dan pengunjung pasar tradisional, banyak dari mereka yang harus bekerja keras di waktu sahur, sehingga tidak pernah memperhatikan santapan sahur mereka. Maka dari itu kita datangi pasar itu, kita bagikan langsung hidangan Humanity Food Truck ke mereka," pungkas Ryan.

Sementara untuk bantuan iftar, Humanity Food Truck melakukan total 90 aksi selama Ramadan dan membagikan sekitar 56 ribu porsi. Lewat aksi ini, banyak masyarakat prasejahtera yang sebelumnya kesulitan untuk mendapatkan makanan untuk berbuka puasa, atau hanya dapat berbuka dengan santapan yang ala kadarnya, akhirnya bisa merasakan berbuka dengan santapan lezat dari Humanity Food Truck.

Ryan menegaskan, bahwa selama puasa, kebutuhan kalori dan nutrisi masyarakat sangat tinggi. Maka dari itu, tiap hidangan yang disajikan, selalu mempertikan kandungan gizi, yang terserat dalam aneka ragam lauk pauk di tiap sajiannya. "Jika kebutuhan nutrisi mereka terpenuhi, Insyaallah kesehatan mereka juga akan terjaga," katanya.

Lebih lanjut, Ryan menjelaskan bahwa aksi ini bisa terlaksana berkat bantuan para sahabat dermawan. Maka dari itu, Ryan mengajak seluruh masyaraka untuk bisa memberikan bantuannya, agar aksi Humanity Food Truck dapat terus berlanjut tidak hanya di bulan Ramadan, tetapi juga di bulan-bulan lainnya. []