Aliansi Masyarakat Sumsel Gelar Aksi Solidaritas untuk Uighur

Aliansi Masyarakat Sumsel Gelar Aksi Solidaritas untuk Uighur

ACTNews, PALEMBANG – Ribuan orang yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sumsel Selamatkan Uighur menggelar Aksi Solidaritas untuk Uighur, Jumat (21/12). Aksi tersebut dipusatkan di Bundaran Air Mancur depan Masjid Agung Palembang. Aksi ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian yang nyata dari masyarakat Sumsel terhadap penindasan dan diskriminasi yang menimpa Uighur.

Aksi Solidaritas untuk Uighur diikuti oleh para ulama, ormas, OKP, komunitas, dan berbagai elemen organisasi serta masyarakat Sumsel. Diinisiasi oleh ACT Sumsel, kegiatan ini ditujukan untuk menguatkan solidaritas umat terhadap krisis Uighur.

Menurut Elly Sumantri selaku Koordinator Aksi Solidaritas untuk Uighur, urusan kemanusiaan tidak hanya tugas dari lembaga kemanusiaan, semua umat manusia sejatinya punya peran yang sama untuk membantu sesama manusia. Ia juga mengatakan bahwa yang terjadi di Uighur saat ini adalah sebuah duka kemanusiaan.

“Kondisi Uighur saat ini seharusnya dapat membuka mata seluruh umat di dunia bahwa kejahatan yang terburuk ialah kejahatan pelucutan akidah. Krisis Uighur adalah salah satu tragedi kemanusiaan yang sangat besar, jika hal ini hanya dibiarkan saja, maka di manakah letak hati nurani kita sebagai manusia yang beradab?” tegas Elly yang juga merupakan bagian dari Tim Kemitraan ACT Sumsel, Jumat (21/12).

Tokoh Ulama lain, KH Umar Said mengatakan bahwa umat Islam harus segera bergerak untuk Uighur. “Umat Islam harus segera bergerak agar dunia secepatnya mendengar apa yang terjadi dengan Uighur,” tandas punggawa Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumsel ini.

Aksi kepedulian tersebut juga sebagai wujud respon dan protes umat, atas apa yang dialami oleh Muslim Uighur. ACT telah mengirimkan tim kemanusiaan untuk melakukan penyaluran bantuan kepada saudara Muslim Uighur. []