Amanah Kepedulian Dermawan Permudah Anak-Anak Kashmir Pelajari Alquran

Di tengah pemulihan dari konflik yang berkepanjangan, anak-anak Kashmir tidak pernah kehilangan semangat dalam menuntut ilmu, salah satunya ilmu agama. Untuk menunjang pembelajaran mereka, ACT mengirimkan ratusan mushaf Alquran kepada anak-anak yang ada di beberapa madrasah di Kota Bagh Azad.

Amanah Kepedulian Dermawan Permudah Anak-Anak Kashmir Pelajari Alquran' photo
Penyerahan Alquran kepada salah satu pengurus madrasah. (ACTNews)

ACTNews, BAGH AZAD – Konflik yang terjadi pada sejak tahun 1947 memang menyisakan banyak duka bagi warga Kashmir. Data terakhir dari pemerintah Jammu dan Kashmir sendiri pada tahun 2014-2015, terdapat 21,6 persen warga Jammu dan Kashmir yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Bahkan untuk membeli baju saat musim dingin saja, mereka tidak mampu.

Angka kemiskinan tersebut adalah dampak langsung dari konflik menahun yang tak kunjung usai hingga kini. Namun masyarakat Jammu dan Kashmir tidak lantas menyerah. Kondisi tidak pernah melunturkan semangat mereka untuk bangkit.

Seperti yang terlihat dari semangat belajar anak-anak di Kota Bagh Azad, mereka terus mempelajari isi kitab Alquran. Bersama Kitabisa.com, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendukung semangat anak-anak ini untuk terus belajar. Amanah para dermawan akhirnya sampai, berupa ratusan Alquran.


“Pada 10-14 September kemarin, kita sudah mendistribusikan 450 mushaf Alquran untuk anak-anak di beberapa madrasah yang tersebar di Kashmir. Di antara Alquran-Alquran tersebut yakni Tajwidi Alquran, Alquran dengan terjemah Urdu, dan Alquran besar tanpa terjemah,” jelas Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Response – ACT pada Kamis (17/9) ini.

Salim selaku mitra ACT yang berada di Kashmir mengucapkan terima kasihnya karena dengan hadirnya mushaf Alquran ini, anak-anak dapat dengan lebih mudah belajar. “Terima kasih kepada ACT dari Indonesia, dan kami membagikan Alquran baru ini kepada siswa dari 10 madrasah. Dan Quran yang dibagikan ini ada kode warnanya supaya memudahkan anak anak membaca dan melafalkan huruf huruf melalui tajwid. Kami berharap ke depannya dapat bekerja sama kembali untuk membantu komunitas kita,” ungkapnya.

Demikian juga Firdaus yang berharap, para dermawan dapat terus membersamai saudara-saudara muslim mereka di Jammu dan Kashmir. “Kami berharap, bantuan-bantuan para dermawan dapat terus menyapa saudara-saudara kita yang kesulitan di Jammu dan Kashmir. Harapan kami melalui bantuan ini, masyarakat Kasmir juga bisa bangkit sepenuhnya,” harap Firdaus. []


Bagikan

Terpopuler