Ambulans Dermawan Bantu Mobilitas Pasien di Gaza Kala Pandemi

Covid-19 membuat sejumlah pasien di Gaza terhambat menerima layanan kesehatan. Di tengah situasi pandemi, Aksi Cepat Tanggap terus melayani pasien melalui Klinik Indonesia dan ambulans yang membantu kebutuhan mobilisasi pasien dari rumah sakit ke rumah sakit lain.

Ambulans Dermawan Bantu Mobilitas Pasien di Gaza Kala Pandemi' photo
Paramedis bersiap mengantarkan pasien menuju klinik Indonesia di Gaza Utara. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Pandemi dan karantina wilayah membuat pemulihan Ihab sedikit terhambat. Ayah dua orang anak di Gaza itu mengalami kekerasan saat demonstrasi tahun lalu, kakinya terluka. Ia pun menyampaikan keluh kesahnya ke tim medis saat memeriksakan lukanya, sebagaimana dikabarkan Reliefweb, Selasa (14/7).

“Luka ini mengubah hidupku drastis. Hampir setahun, dan masih harus merasakan sakit, bergantung pada perawatan dan gerak yang terbatas. Saya masih membutuhkan kruk untuk berjalan. Saya pun mencemaskan masa depan keluarga. Bagaimana saya bisa memenuhi kebutuhan dasar keluarga?” cerita Ihab.

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response - ACT menerangkan, di masa  Covid-19, karantina wilayah yang semakin ketat membuat mobilisasi pasien sedikit terhambat. Pada keadaan ini, Klinik Indonesia juga mengoperasikan Ambulans Dermawan untuk membantu mobilisasi para pasien.

“Kita bantu pasien yang membutuhkan mobilisasi dari rumah sakit ke rumah sakit, dari rumah sakit ke klinik, dari rumah mereka ke fasilitas kesehatan, atau dari fasilitas kesehatan ke perbatasan Erez untuk melanjutkan pengobatan di luar Gaza. Ambulans  juga mengantarkan pasien meninggal dunia dari rumah sakit,” jelas Said, Kamis (16/7).

Di awal Juli lalu, puluhan jiwa mendapat pelayanan Ambulans Dermawan. Said menjelaskan, sebagian dari para pasien adalah korban luka, sebagian lagi mengalami koma, kanker, amputasi, atau pun diabetes.

“Kami berharap, dukungan sahabat dermawan turut membersamai ikhtiar ACT dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat Palestina,” harap Said.[]


Bagikan

Terpopuler