Ambulans Dermawan Susur Gaza, Layani Kebutuhan Medis Mereka

Ambulans dari dermawan di Kota Padang terus melayani masyarakat di Gaza. Kali ini, ambulans tersebut melakukan Pelayanan Kesehatan Operasi Ambulans Pemkot Padang kepada ratusan masyarakat yang tidak mampu ke rumah sakit di Gaza Utara pada 1-12 November lalu.

Ambulans Dermawan Susur Gaza, Layani Kebutuhan Medis Mereka' photo
Tim medis ACT dan Ambulans Dermawan sedang menuju rumah pasien. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Ambulans berkeliling dari satu gang ke gang lainnya di wilayah Gaza Utara. Meskipun ruas jalan cukup sempit untuk dilewati badan ambulans, tim medis tetap dapat tiba di sebuah rumah, masuk ke dalamnya beserta alat-alat yang telah mereka siapkan di dalam tas bawaan mereka.

Seorang lelaki terbujur di kasur di atas rumahnya. Hampir seluruh badannya baik-baik saja, kecuali kakinya yang tak mampu digerakkan. Tim medis langsung mengambil alat pen dari tas mereka dan mengimplan alat tersebut di betis pasien.

Selain pasien laki-laki tersebut, dokter dari Tim Medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Palestina juga melayani ratusan warga lainnya di Gaza Utara. “Aksi ini dapat terlaksana berkat adanya ambulans yang telah didermakan masyarakat Kota Padang melalui Pemerintah Kota Padang beberapa waktu lalu. Kini ambulans terus memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Gaza yang membutuhkan,” terang Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response (GHR) – ACT pada Rabu (18/11) ini.


Tim medis sedang memasangkan pen kepada pasien. (ACTNews)

Warga yang menjadi penerima manfaat kebanyakan memang sudah tak mampu lagi untuk pergi ke Indonesia Medical Clinic, sehingga tim harus menyambangi langsung para pasien. “Selama memberikan pelayanan kesehatan, tim kesehatan mendapati dan mengobati pasien dengan penyakit seperti kanker, diabetes, amputasi, paraplegia, strok, koma, dan renal tubular acidosis. Pelayanan ambulans ini sangat membantu pasien bagi mereka yg tidak dapat pergi ke Indonesia Medical Clinic karena kondisi tubuh yang tidak sehat,” kata Said.

Aksi ini berlangsung pada 1 – 12 November di Jabalia, Jabalia Camp, Beit Lahia, Beit Hanoun, Om Al Nasser Village. Said berharap para dermawan dapat meluaskan lagi manfaat Pelayanan Kesehatan Operasi Ambulans Pemkot Padang di wilayah lainnya di Gaza. “Banyak lagi warga Gaza yang membutuhkan pelayanan kesehatan ini di wilayah-wilayah lainnya. Oleh karenanya kami berharap para dermawan dapat membantu kami meluaskan manfaatnya di berbagai daerah di Gaza,” harap Said.


Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, sinergi kuat para dermawan dan pemerintah terwujud dalam pemberian bantuan ambulans untuk warga Palestina, melihat tingginya kebutuhan medis di sana. Bantuan ambulans ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Pemerintah Kota Padang melalui ACT Sumatra Barat pada Jumat (6/3), di acara Wirid Bulanan ASN Kota Padang di Masjid Agung Nurul Iman.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian warga Padang terhadap saudara-saudara di Palestina yang masih dikungkung krisis kemanusiaan. “Dukungan dari pemerintah dan masyarakat Kota Padang untuk saudara-saudara kita di Palestina akan terus dilakukan. Inilah bukti cinta kami kepada Palestina, yang juga ada di Masjid Al Aqsa, tempat sucinya umat Islam,” ungkap Mahyeldi. []