Ambulans Dermawan Tak Henti Bantu Kebutuhan Medis Masyarakat Gaza

Ambulans pre-hospital persembahan Sahabat Dermawan tidak pernah henti beraksi. Bersama tim medis, ambulans mengantarkan warga Gaza yang terluka ke rumah sakit, maupun kembali ke rumah untuk menjalani rawat jalan. Diperkirakan, dalam dua bulan ke depan, 2.100 pasien akan difasilitasi ambulans tersebut.

pasien diantar ambulans
Pasien yang kesulitan berjalan, diantar menggunakan ambulans ACT dari rumah sakit ke rumahnya. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Ambulans pre-hospital persembahan Sahabat Dermawan tidak pernah henti beraksi. Bersama tim medis, ambulans mengantarkan warga Gaza yang terluka ke rumah sakit, maupun kembali ke rumah untuk menjalani rawat jalan. Dalam satu hari, minimal 35 pasien diangkut ambulans buah hasil bantuan terbaik para Sahabat Dermawan.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response Aksi Cepat Tanggap mengatakan, jumlah warga Palestina di Gaza yang membutuhkan pertolongan medis semakin bertambah sejak agresi Israel. Diperkirakan, selama bulan Juni dan Juli ambulans akan memfasilitasi hingga 2.100 kali.

“Mobilisasi ambulans akan sangat padat karena jumlah pasien sangat banyak. Berdasarkan data yang dihimpun tim GHR, kurang lebih ada 8.900 warga terluka,” jelas Said, Ahad (6/6/2021).

Ambulans pre-hospital ini, disebut Said, dapat melayani masyarakat Gaza hingga 18 jam per hari. Ambulans juga disertai petugas medis serta relawan yang selalu siap bertugas kapan pun diperlukan.

“Pasien yang telah selesai menjalani perawatan di rumah sakit sebagian besar masih belum sembuh total. Sejumlah pasien menggunakan kursi roda dan butuh bantuan untuk berjalan. Relawan ACT membantu pasien agar tetap nyaman ketika diangkut masuk ke ambulans maupun saat sampai di rumah. Mereka membantu mengangkat pasien dan memastikan dalam keadaan baik hingga sampai ke dalam rumah,” jelas Said.

Saat ini, terdapat dua ambulans dari ACT yang tersedia dan aktif beroperasi di Gaza. Direncanakan, akan ada tiga ambulans tambahan, yang mana satu di antaranya telah memasuki tahap modifikasi atau karoseri mobil. Ketika siap difungsikan, nantinya ketiga ambulans akan disiagakan di masing-masing kegubernuran Gaza, yakni di Rafah, Deir Al Balah, dan Kota Gaza.[]