Angin Puting Beliung Porak-porandakan Ratusan Rumah di Cimenyan Bandung

Angin puting beliung porak-porandakan rumah dan fasilitas umum di Cimenyan, Bandung. Pohon dan lahan pertanian warga juga rusak akibat bencana tersebut.

Tim ACT Jawa Barat di lokasi bencana angin puting beliung. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN BANDUNG — Angin puting beliung terjadi di kawasan Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, pada Ahad (28/3/2021) sore pukul 16.00 WIB. Tim Aksi Cepat Tanggap Jawa Barat sementara mencatat 139 rumah yang tersebar di dua desa dan enam RW mengalami kerusakan.

“Rumah terdampak ada di RW 02, 03, 09, 11, 13, 07 Desa Ciburial dan Desa Mekar Saluyu. Ada dua korban luka ringan dan empat korban luka berat,” terang Kepala Cabang ACT Bandung Trisna Adi Permana, Senin (29/3/2021). 

Trisna melanjutkan, Tim Tanggap Darurat-ACT Bandung telah berada di lokasi musibah angin puting beliung pada Ahad malam. Tim pun melakukan asesmen terkait kebutuhan lebih lanjut para penyintas. 


“Untuk fasilitas umum data sementara dua sekolah rusak, satu kantor desa, satu masjid, dan satu pos kamling di RT 04 dan RW 02. Selain itu lahan pertanian warga juga porak poranda,” jelas Trisna. 

Trisna mengajak para dermawan untuk ikut berikhtiar meringankan beban penyintas sehingga duka mereka tidak berlarut-larut, terutama menjelang Ramadan 2021. “Jangan sampai kesedihan mereka berlanjut hingga masuk bulan Ramadan,” ujarnya. []