Antusias Warga Cibarusah Sambut Ratusan Ribu Liter Air

Tujuh desa di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi menerima ratusan ribu liter air bersih. Seluruh warga antusias mengambil air. Pasalnya, sudah tiga bulan mereka sulit mendapatkan air bersih.

Antusias Warga Cibarusah Sambut Ratusan Ribu Liter Air' photo

ACTNews, BEKASI – Menanggapi kekeringan yang sedang melanda Indonesia, tiga belas mobil tangki air dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) diturunkan di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Dari tiga belas armada tersebut, salah satunya mendistribusikan air di Lapangan Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi.

Banyak warga yang kemudian meletakkan jeriken mereka dan menunggu petugas dari Humanity Water Tank ACT memenuhi jeriken-jeriken tersebut. Seperti Emung yang sudah menunggu jeriken-jerikennya penuh di samping Humanity Water Tank. Menurutnya, sudah beberapa bulan ia kesulitan mencari air.

“Biasanya kita cari air ke sungai. Meskipun kering, masih bisa diakali. Caranya pasirnya dimasukkan ke dalam ember, lalu dibolongi bawahnya agar airnya rembes ke bawah. Air itu cukup bersih baik buat konsumsi ataupun MCK,” kata Emung, Kamis (23/8) kemarin.

Jika tidak, Emung biasanya memanfaatkan embung (penampungan air dari galian). Embung-embung milik warga memang biasanya terdapat di bagian depan atau belakang rumah mereka masing-masing untuk menampung air. Namun, di musim kering seperti ini, embung pasti kering kerontang, seperti embung di rumah Emung.


“Di rumah saya kering embungnya. Makanya sekarang mengandalkan kalau bukan air bantuan, ya air dari pasir sungai saja. Memang ada yang jual air, lima puluh ribu itu sekitar satu torren, tapi ya selama masih bisa dari sungai saya tidak pernah beli,” kata Emung.

Emung pun bersyukur dengan hadirnya mobil tangki air dari ACT. Armada ini, kata dia, cukup membantu warga yang tengah kesulitan air semenjak Ramadan lalu. Memang menurut Sutaryo, Koordinator Aksi Kekeringan Nasional ACT di Cibarusah, di antara tujuh desa di daerah tersebut, Desa Ridogalih memang termasuk sangat membutuhkan.

“Di Cibarusah ini ada tiga desa yang termasuk daerah yang paling berat kekeringannya. Di antaranya di Desa Ridogalih ini. Di desa ini, hampir seluruh warganya terdampak oleh kekeringan ini,” kata Sutaryo.

Pada hari itu, sebanyak 104.000 liter air didistribusikan ke seluruh Kecamatan Cibarusah. Setiap truk tangki yang berhenti di satu titik, mendistribuskan sekitar 5.000 liter air. Sutaryo mengatakan ke depannya tim berencana untuk melanjutkan pemberian bantuan air bersih untuk Cibarusah ini karena kebutuhan air di Kecamatan Cibarusah yang begitu besar.

“Hari ini bukan hanya pertama, selanjutnya kita akan terus menyusur ke daerah-daerah di Cibarusah. Sekitar 104.000 liter air untuk hari ini saja, tentu tidak akan cukup untuk 7 desa di Kecamatan Cibarusah ini. Ke depannya, kita memang berencana melakukan distribusi lagi di kecamatan ini,” kata Sutaryo. []

Bagikan