Antusiasnya Warga Malang Ikut Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan

Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan terus meluas. Di Malang salah satunya. Rak-rak sedekah setiap harinya dipenuhi pasokan bahan pangan yang bisa diambil secukupnya oleh penerima manfaat.

Rak sedekah yang ada di depan Muslimart, Jalan Kahuripan, Malang. (ACTNews)

ACTNews, MALANG – Setelah diluncurkan untuk wilayah Malang Raya pada pertengahan Agustus ini, Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan yang diinisiasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Tak sedikit masyarakat yang tergerak untuk bersedekah pangan dengan meletakkannya di rak yang telah disediakan. Gerakan ini pun diharapkan mampu menjadi solusi penyelesaian urusan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu rak sedekah pangan yang selalu penuh ada di toko swalayan Muslimart yang ada di Jalan Kahuripan, Nomor 12, Kota Malang. Di lumbung ini, tiap harinya selalu tersedia pasokan pangan dari pelanggan minimarket tersebut. Selain itu, ada juga bahan pangan yang berasal bukan dari pelanggan, melainkan warga sekitar yang berinisiatif untuk ikut dalam Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan.

Femi, pengelola Muslimart di Jalan Kahuripan, mengatakan, tak sedikit pelanggannya yang setelah berbelanja lalu mengisi stok pangan di rak sedekah. Jika dihitung, menurut Femi, transaksi pelanggan di tokonya yang barangnya disedekahkan mencapai Rp900 ribu per hari. Barang kebutuhan pangannya pun beragam.

“Dari pelanggan itu ada beras, minyak goreng, kecap dan lain-lain. Mereka (pelanggan) sengaja membeli untuk kemudian disedekahkan. Malah enggak sedikit juga yang menghubungi saya secara langsung untuk menanyakan bagaimana cara bergabung dalam gerakan ini,” ungkapnya, Kamis (20/8).

Femi sendiri tidak menjadikan adanya Lumbung Sedekah Pangan di tokonya sebagai beban. Ia malah merasa senang karena bisa terlibat dalam aksi kebaikan ini dan bisa mengajak orang lain untuk melakukan hal serupa. Ia pun berharap, Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan bisa terus meluas dan menjamur di berbagai wilayah, khususnya Malang Raya yang selama ini merasakan dampak akibat adanya pandemi Covid-19.

Selain di Muslimart Jalan Kahuripan, rak sedekah yang juga selalu penuh dengan bantuan pangan di depan Kantor Cabang ACT Malang. Di tempat ini, warga sekitar ada saja yang menyedekahkan bahan pangannya. Tanpa konfirmasi, rak sedekah selalu penuh dan penerima manfaatpun bisa mengambil secukupnya secara gratis.

“Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ini ACT inisiasi agar dapat menggerakkan setiap individu atau kelompok dan tak terbatas usia, agama, hingga suku. Gerakan ini bisa dilakukan oleh semua orang karena pandemi Covid-19 berdampak pada ekonomi nyaris ke semua golongan,” jelas Diki Taufik Sidik, Kepala Cabang ACT Malang.

Masyarakat yang ingin bersedekah, namun dalam bentuk uang pun sangat bisa. Diki mengatakan, masyarakat bisa menyalurkannya dengan cara mengirimkan sedekahnya melalui rekening BNI Syariah 88 00000 423 atas nama Aksi Cepat Tanggap.[]