Apakah Boleh Membayari Zakat untuk Orang Lain?

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan. Akan tetapi, apakah zakat boleh dibayari oleh orang lain?

bayarin zakat orang lain
Ilustrasi. Apakah boleh membayar zakat untuk orang lain. (ACTNews/Karina Zahrudin)

ACTNews, JAKARTA – Zakat merupakan kewajiban dalam Islam, termasuk zakat fitrah yang harus ditunaikan saat Ramadan serta zakat mal ketika telah memenuhi syarat. Namun, bagaimana jika seorang muslim tak mampu menunaikan zakatnya? Bolehkah zakat tersebut dibayari oleh orang lain?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ACTNews telah merangkum jawabannya dari Ustaz Bobby Herwibowo yang merupakan Dewan Syariah ACT.

Untuk zakat fitrah, jelas Ustaz Bobby, yang harus ditunaikan saat Ramadan oleh setiap muslim, hukumnya boleh dibayari oleh orang lain. Hal tersebut memungkinkan saja, misal karena desakan ekonomi yang membuat seorang muslim kesulitan menunaikan zakat fitrah.

“Misalkan seorang suami ingin membayari zakat fitrah anak-anaknya, istrinya, orang tua, atau asisten rumah tangganya itu boleh," kata ustaz yang akrab disapa Usbob ini, Selasa (12/4/2022).

Contoh lain, tambah Usbob, misalkan ada keluarga miskin dan hanya satu anggota saja yang mampu menunaikan zakat fitrah, itu boleh membayar zakat fitrah ke anggota keluarga lainnya.

"Sebagai contoh, zakat fitrah suami diberikan kepada istri yang miskin. Lalu zakat fitrah hasil pemberian suami oleh istrinya digunakan untuk zakat fitrah yang ditunaikan kepada anaknya yang miskin, begitu seterusnya muter di keluarga. Itu boleh," jelas Ustaz Bobby.

Sementara itu, untuk zakat mal, tidak diperbolehkan dibayari oleh orang lain karena zakat mal merupakan kewajiban muslim atas hartanya. Kalau pemilik harta tidak menunaikan zakat mal hingga ia meninggal, maka ahli warisnya wajib qada.

"Kalau pemilik harta belum wafat, maka kewajiban qada bayar zakat mal berlaku bagi dirinya sendiri (pemilik harta), bukan kepada orang lain atau ahli warisnya. Kalau tidak ditunaikan, maka akan berdosa,” ungkap Usbob.[]

Menghitung zakat

Saat ini, untuk menghitung zakat sangatlah mudah. Seperti yang disediakan Lembaga Amil Zakat Nasional Global Zakat di laman resminya. Bagi masyarakat yang ingin menghitung sekaligus menunaikan ibadah zakatnya, bisa langsung mengunjungi laman Global Zakat di sini.[]