APD Langka, RSI Jemursari Surabaya Terpaksa Beli 1.000 Jas Hujan

Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari Surabaya sempat menjadi perbincangan dan viral di berbagai media karena membeli 1.000 jas hujan sekali pakai sebagai alat pelindung diri bagi petugas medis.

Penyerahan bantuan alat pelindung diri untuk tenaga medis di RSI Jemursari, Surabaya, Rabu (8/4). (ACTNews/Heri Setiawan)

ACTNews, SURABAYA Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari Surabaya sempat menjadi perbincangan dan viral di berbagai media karena membeli 1.000 jas hujan sekali pakai sebagai alat perlindungan diri bagi petugas medis. Hal ini dikarenakan rumah sakit kesulitan mendapatkan alat pelindung diri.

Sejak ditunjuk menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19, RSI Jemursari tidak memiliki APD yang sesuai prosedur. Merespons kelangkaan APD untuk tim medis RSI Jemursari, Aksi Cepat Tanggap Jawa Timur bersama Bank Indonesia dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Timur menyiapkan 50 paket APD lengkap untuk rumah sakit rujukan pasien Covid-19, salah satunya adalah RSI Jemursari.

Bantuan paket APD yang disalurkan pada Rabu (8/4) disambut baik oleh Wakil Direktur Pelayanan Medis dr. Dyah Yuniati, Sp.S. Ia berterima kasih karena masyarakat telah membersamai perjuangan tim medis dalam menangani Covid-19.

"Kami atas nama RSI Jemursari mengucapkan terima kasih atas bantuan paket APD ini. Selain bertugas menangani pasien Covid-19, tugas kami juga melindungi para tenaga medis dari paparan virus ini. Dengan bantuan APD ini kami akan terus berjuang, dan semoga pandemi ini segera berakhir," ujar Dyah.

Kepala Cabang ACT Jawa Timur Wahyu Sulistianto Putro menerangkan, selain RSI Jemursari ,masih banyak rumah sakit yang membutuhkan bantuan masyarakat. "ACT Jawa Timur mendapat banyak permintaan bantuan dari rumah sakit rujukan pasien Covid-19, namun kami tidak mungkin sendirian. ACT berharap semakin banyak masyarakat yang bergerak turut membersamai perjuangan tenaga medis," kata Wahyu.

ACT Jawa Timur berkomitmen akan terus membersamai perjuangan bersama lawan corona. Peran serta masyarakat dapat melalui surabaya.indonesiadermawan.id atau melalui posko yang telah dibentuk di kantor ACT Jawa Timur.[]