Apel Kesiapsiagaan Bencana ACT Bekali Relawan Penanganan Tanggap Darurat

Apel ini menjadi upaya peningkatan kapasitas relawan, sehingga bisa langsung membantu wilayah-wilayah yang terdampak bencana besar seperti Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Lhokseumawe dan Aceh Utara mengikuti apel kesiapsiagaan bencana di Lapangan Hiraq, Kota Lhokseumawe, Sabtu (23/1/2021). (ACTNews)

ACTNews, LHOKSEUMAWE Tim Tanggap Darurat Aksi Cepat Tanggap Lhokseumawe melakukan apel kesiapsiagaan bencana, merespons tingginya frekuensi maupun potensi kebencanaan di tanah air terjadi akhir-akhir ini lokal maupun bencana nasional. Apel yang dilaksanakan pada Sabtu (23/1/2021) dan Ahad (24/1/2021) ini diikuti oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Lhokseumawe dan Aceh Utara. 

“Alhamdulillah hari ini telah melaksanakan apel siaga bencana untuk mempersiapkan kondisi relawan agar terus siaga menghadapi bencana yang terjadi di tahun 2021. Apel ini juga menjadi upaya peningkatan kapasitas relawan, sehingga bisa langsung membantu wilayah-wilayah yang terdampak bencana besar seperti Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan,” Kata Thariq Farline, Kepala Cabang ACT Lhokseumawe setelah memimpin apel kesiapsiagaan bencana di Lapangan Hiraq, Kota Lhokseumawe. 

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan seleksi relawan yang akan bergabung regu penyelamat MRI Lhokseumawe dan Aceh Utara. Dua relawan terpilih akan diberangkatkan ke lokasi-lokasi bencana yang membutuhkan penanganan tanggap darurat. 

“Apel kesiapsiagaan bencana menjadi titik awal untuk untuk seleksi minat dan kemampuan relawan, dan nantinya juga akan dibuatkan pelatihan khusus lainnya. Kegiatan ini juga menyiapkan fisik dan mental relawan ketika mereka terjun langsung ke tempat bencana. Sekaligus melihat kelengkapan peralatan yang tersedia  untuk para relawan,” terang Thariq Farline. []