Apresiasi ACT DIY untuk Veteran di Yogyakarta

Aksi Cepat Tanggap tidak berhenti mengapresiasi jasa para veteran di Indonesia. Kali ini, ucapan terima kasih disampaikan kepada veteran di Kota Yogyakarta.

Apresiasi ACT DIY untuk Veteran di Yogyakarta' photo
Penyerahan paket pangan dari ACT DIY kepada veteran di Yogyakarta. (ACTNews)

ACTNews, YOGYAKARTA – Apresiasi terus diberikan untuk para veteran di Yogyakarta. Jika pekan lalu layanan kesehatan gratis serta paket pangan menyapa veteran di wilayah Bantul, kali ini paket pangan diberikan kepada veteran yang tinggal di Kota Yogyakarta. Aksi kebaikan ini digelar di Gedung Legiun Veteran Republik Indonesia DIY, Rabu (4/12).

Paket pangan yang diserahkan ke veteran di DI Yogyakarta merupakan implementasi dari donasi dalam momentum Hari Pahlawan bulan November lalu. Sedikitnya, 31 paket pangan tersalurkan untuk veteran di Kota Yogyakarta.

“Kegiatan ini wujud nyata penghargaan masyarakat untuk para pahlawan. Walau begitu, apa yang kita berikan sekarang tidak akan pernah setara perjuangan mereka,” ungkap Rere, dari tim ACT DI Yogyakarta.

Paket pangan berisi bahan makanan kebutuhan pokok antara lain beras, minyak, dan gula pasir. Paket pangan ini diharapkan membantu kesediaan pangan keluarga veteran.

Penyerahan apresiasi paket pangan ini juga dihadiri sejumlah anggota keluarga veteran, sebab tidak semua veteran dapat hadir karena berusia lanjut. Soemarmo, Ketua Veteran Kota Yogyakarta mengatakan, pejuang yang sekarang masih ada rata-rata telah berusia 90 tahun. “Sebab itu, kebanyakan dari veteran agak sulit untuk mengikuti berbagai agenda. Sebagian paket pangan pun diantar ke kediaman masing-masing veteran,” kata veteran yang pernah mendapat tugas untuk operasi di Timor Timur. 

Lebih lanjut, ACT DI Yogyakarta juga berencana mengadakan aksi serupa di tingkat provinsi. Bahkan, apresiasi ini nantinya tidak hanya akan diserahkan untuk veteran saja, tapi juga guru honorer, serta dai. “Mereka (guru honorer dan dai) adalah orang yang melanjutkan perjuangan para pejuang sebelumnya. Semoga apresiasi ini dapat segera tersalurkan berkat dukungan dari para dermawan,” harap Rere.[]