Area Publik di Jember Mulai Disterilisasi

Berbagai langkah dilakukan ACT Jember untuk turut meredam penyebaran Covid-19. Salah satunya sterilisasi rumah ibadah dengan penyemprotan disinfektan, Jumat (20/3).

Masyarakat Relawan Indonesia menyemprotkan desinfektan di Masjid Al Hikmah Kantor PLN Jember, Jumat (20/3). Upaya ini dilakukan untuk meredam penyebaran covid-19. (ACTNews/Dimas Annand Firdhaus)

ACTNews, JEMBER – Mengantisipasi penyebaran Covid-19, ACT dan MRI Jember mensterilisasi sejumlah tempat di Kabupaten Jember. Masjid Al-Hikmah kantor PLN Jember salah satunya. Sterilisasi dilakukan Jumat (20/3), dengan menyemprotkan cairan disinfektan.

Dani Ardissa dari Tim Program ACT Jember menjelaskan, sterilisasi dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Kabupaten Jember. “Kegiatan ini sudah ACT Jember mulai pada Rabu (18/3) sebagai langkah antisipasi. Penyemprotan disinfektan akan dilakukan di berbagai titik publik di Jember, termasuk sekolah dan tempat ibadah seperti masjid, gereja. Kita juga sudah menerima banyak permintaan dari sekolah, tempat ibadah, dan area publik untuk disterilisasi,” jelasnya. Dani menambahkan, saat ini ACT dan MRI Jember juga sedang memproduksi antiseptik yang nantinya akan dibagikan secara gratis untuk masyarakat yang membutuhkan.

Selain melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dan produksi cairan antiseptik, ACT dan MRI Jember juga memberikan edukasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 dan perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. Edukasi dilakukan dengan menyebarkan brosur pencegahan Covid-19 dan mengadakan kuliah whatsapp bersama pakar kesehatan.

Plt Kepala Cabang ACT Jember Dian Laksana menyampaikan, aksi yang dilakukan ACT merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah terkait penanganan dan antisipasi penyebaran Covid-19. “Kami berharap, aksi ini dapat membantu masyarakat,” kata Dian

PLH Manager UP3 PLN Cabang Jember Bramantyo Anggun Pambudi yang hadir langsung saat sterilisasi di Masjid Al-Hikmah PLN menyampaikan rasa terima kasih kepada relawan MRI-ACT. Di satu sisi, kata Bramantyo, PLN cabang Jember juga sudah menyiapkan langkah antisipasi. “Langkah tersebut berupa pengukuran suhu tubuh, pemberian hand sanitizer, hingga memperketat akses keluar masuk ke kantor PLN,” jelas Bramantyo.[]