Armada Kemanusiaan ACT Diberangkatkan ke Lumajang

Respons cepat terus dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT) atas letusan yang terjadi di Gunung Semeru, Lumajang. Malam ini, armada kemanusiaan beserta sejumlah tim bergegas memberikan pelayanan terbaik untuk warga terdampak.

semeru meletus
Armada kemanusiaan ACT yang tengah bersiap menuju Lumajang. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA Merespons kebutuhan mendesak bagi penyintas letusan Gunung Semeru, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bergegas memberangkatkan armada kemanusiaannya ke Lumajang. Beberapa truk disiapkan malam ini dari Wakaf Distribution Center, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Kusmayadi, dari tim Tanggap Darurat-ACT mengatakan, Humanity Food Truck, Humanity Food Bus, dan dua armada Humanity Water Tank siap diberangkatkan malam ini menuju Lumajang untuk memberikan pelayanan kemanusiaan terbaik untuk penyintas.

“Makanan siap santap dan air bersih saat ini menjadi yang sangat mendesak untuk dipenuhi bagi penyintas letusan Semeru,” jelasnya, Sabtu (4/12/2021) malam.

Selain armada kemanusiaan pangan dan air, kendaraan untuk mendukung aksi medis pun mulai bergerak menuju titik pengungsian. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan berbagai obat-obatan dan tim medis yang siap memberikan pelayanan.

“Selain makanan dan air, kebutuhan mendesak saat ini ialah selimut, obat-obatan, masker, terpal atau alas, makanan untuk bayi, pembalut serta pampers, hingga oksigen,” tambah Kusmayadi.

Sampai saat ini, tim ACT bersama relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Malang, Lumajang, Jember dan kota sekitar lokasi letusan terus bergerak untuk memberikan pertolongan pertama bagi warga terdampak.[]