Armada Kemanusiaan ACT Layani Keluarga Prasejahtera di Jakbar

Mendampingi Humanity Rice Truck, armada kemanusiaan Ambulans Pre-hospital, armada Air Minum Wakaf, dan Humanity Food Truck hadir di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Sesuai fungsi, armada-armada tersebut melayani masyarakat dalam peluncuran program Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia.

Armada Kemanusiaan ACT Layani Keluarga Prasejahtera di Jakbar' photo
Masyarakat Relawan Indonesia Jakarta Barat tengah menyiapkan paket makan dari Humanity Food Truck, Jumat (7/2). Humanity Food Truck 3.0 menjadi salah satu armada yang hadir dalam rangka peluncuran awal program Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia untuk masyarakat di Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat. (ACTNews/Gina Mardani)

ACTNews, JAKARTA BARAT – Empat armada kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap hadir dan melayani keluarga prasejahtera di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakart Barat, Jumat (7/2). Keempat armada tersebut adalah Humanity Rice Truck, Ambulans Pre-hospital, armada Air Minum Wakaf, dan Humanity Food Truck 3.0.

Manajer Program Aksi Cepat Tanggap Eka Setiawaty mengatakan, kehadiran armada kemanusiaan berkaitan dengan program-program ACT. “Ini salah satunya, mobil transformer, mobil besar berupa rice truck,” kata Eka memperkenalkan armada Humanity Rice Tuck yang terparkir di belakang tenda hadirin. Truk layanan beras gratis tersebut menjadi armada ikonik pada peluncuran awal program SKPI.

Persis terparkir di sebalah Humanity Rice Truck, mobil boks khusus pengangkut dus Air Minum Wakaf diparkir. Air Minum wakaf menjadi salah satu bantuan yang juga diberikan Jumat itu. “Kami punya perusahaan yang air minum berbasis wakaf, perusahaan air mineral yang digerakkan dengan dana wakaf masyarakat di seluruh dunia. Air minum ini dibagikan gratis untuk masyarakat,” lanjut Eka.


Bayu selaku Lurah Semanan mengambil beras menggunakan anjungan beras Humanity Rice Truck saat peluncuran awal program Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (7/2). 

Humanity Food Truck 3.0 pun datang menyusul membawa ribuan makanan siap santap. Dapur berjalan itu mampu memproduksi hingga 2.000 paket makanan dalam sekali masak. Salah satu armada andalan ACT tersebut baru saja usai perakitan dan uji coba langsung dari karoseri di Magelang, Jawa Tengah.

Tidak mau ketinggalan, tim medis ACT lengkap bersama Ambulans Pre-hospital turut melayani warga yang hadir. Sebagian besar warga yang hadir dan mendapat bantuan sore itu adalah korban banjir awal tahun pada Januari lalu. Sebagian dari mereka mengeluhkan sesak nafas dan gejala flu.

Melalui hadirnya armada kemanusiaan ini, Eka berharap, masyarakat lebih mengenal ACT dan ACT pun dapat melayani masyarakat dengan lebih baik menembus berbagai sisi kemanusiaan. “Kemanusiaan itu bisa banyak, bisa berupa bencana alam, termasuk bencana sosial. Bukan hanya bencana alam orang menjadi miskin, tapi ada banyak faktor kita membutuhkan orang lain. Di sini kita saling membantu,” jelasnya. Ia berharap, hadirnya armada kemanusiaan juga membuat masyarakat tedorong untuk membantu.[]


Bagikan