Arti Air Bersih bagi Masyarakat Prasejahtera Yaman

Bagi masyarakat Yaman, akses air bersih yang memadai dapat mencegah penyebaran dari banyak penyakit.

Air bersih Yaman
Warga dan anak-anak Yaman antre untuk mendapatkan air bersih. Air menjadi elemen penting kehidupan masyarakat Yaman untuk mencegah dari berbagai penyakit. (ACTNews)

ACTNews, TAIZ – Konflik di Yaman membuat kondisi rakyat Yaman menderita. Keadaan bertambah buruk karena kondisi sanitasi dan kelangkaan air yang semakin hari semakin tinggi.

Menurut WASH-Poverty Diagnostic yang dikutip World Bank Maret 2017 lalu, kelangkaan air di Yaman salah satunya disebabkan dengan tata kelola sanitasi yang kurang baik. Lebih buruk lagi, ketersediaan air terbarukan menurun. Sumber air terbarukan perkapita tahunan menurun dari 221 meter kubik pada tahun 1992 menjadi hanya 80 meter kubik pada 2014.

Turut meredam permasalahan tersebut, Aksi Cepat Tanggap mendistribusikan air bersih bagi masyarakat Yaman pada secara berkala. Penerima manfaat air bersih adalah masyarakat prasejahtera dan yatim piatu di kota-kota yang terdampak perang, seperti Taiz. 

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response-ACT menerangkan, distribusi air bersih amat berperan dalam membantu masyarakat. Salah satunya, akses air bersih dapat mencegah penyebaran penyakit, seperti kolera dan diare. 

“Insyaallah, distribusi air bersih akan berjalan satu bulan ke depan dan terus hingga April atau Ramadan. Untuk bulan pertama ditargetkan bisa memberikan manfaat kepada 108 ribu jiwa, dengan total jumlah air sebanyak 540 ribu liter,” katanya.

Air bersih akan didistribusikan di beberapa wilayah diantaranya di Distrik Qaheria dengan jumlah penerima mencapai  36.000 jiwa, Distrik Mudhafier 36.000 jiwa, dan Distrik Sala 36.000 jiwa. Para dermawan juga dapat membantu program ini melalui donasi terbaik ke Indonesia Dermawan.[]