Atasi Stunting dan Gizi Buruk, ACT Masifkan Operasi Gizi Anak di Berbagai Wilayah

Untuk memerangi stunting di Indonesia, ACT masif mengedukasi dan melakukan Operasi Gizi Anak Indonesia di beberapa daerah. Harapannya, angka stunting pada anak menurun dan anak-anak Indonesia terbebas dari stunting.

operasi gizi di indonesia
Siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darussalam antusias mengikuti aksi Operasi Gizi Anak Indonesia. (ACTNews)

ACTNews, BANJARBARU, BEKASI, PADANG, ACEH UTARA – Stunting masih menjadi permasalahan kesehatan yang menghantui anak-anak di Indonesia. Penyebabnya adalah karena anak kekurangan asupan gizi seimbang.

Merespons permasalahan tersebut, Aksi Cepat Tanggap masif mengedukasi dan menyediakan makanan dengan gizi seimbang kepada anak-anak sekolah dasar di beberapa daerah. Melalui program Operasi Gizi Anak Indonesia (OGAI) ACT ingin agar ke depan masalah stunting bisa diatasi.

Pada Kamis (25/11/2021) kemarin, OGAI dilaksanakan di SDIT Nurul Fikri Kota Banjarbaru. Kepala SDIT Nurul Fikri, Astri Hidayah menyambut baik OGAI yang diinisiasi ACT. Menurutnya, OGAI memberikan pemahaman kepada siswa bahwa gizi itu penting agar tumbuh kembang mereka baik.

“Alhamdulillah siswa senang. Sehingga mereka paham bagaimana sarapan sehat dan bergizi sebelum sekolah, Kegiatan OGAI yang dibarengi dengan sarapan sehat berdampak positif terhadap para siswa,” kata Astri.

Selain di Banjarbaru, di waktu bersamaan OGAI juga dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Hidayah, Pondok Gede, Kota Bekasi. Kepala Madrasah MI Miftahul HIdayah Imas banga akan aksi OGAI yang dilaksanakan ACT.

“ACT memperhatikan sekolah tidak hanya dari segi bangunan. Tetapi SDM-nya, khususnya murid juga diperhatikan. Saya mengucapkan terima kasih untuk donatur dan ACT semoga apa yang digerakkan oleh ACT menjadi amal ibadah untuk kita semua,” ujarnya.

Aksi OGAI di Bekasi bersamaan dengan pemberian bantuan pakaian bagi para guru dari produk pakaian muslim Ranti. Ini dalam rangka Hari Guru Nasional 2021.

Aksi serupa juga dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darussalam, Gampong Abeuk Reuling, Kecamatan Sawang, Aceh Utara. Sebanyak 100 paket makanan bergizi yang terdiri dari, bubur kacang hijau, karbohidrat, vitamin, susu dan buah-buahan dibagikan untuk seluruh siswa.


Suasana Operasi Gizi Anak Indonesia di Bekasi. (ACTNews)

“Alhamdulillah, di hari Guru 2021 kami berbahagia. ACT Lhokseumawe kembali hadir untuk membagikan makanan bergizi untuk siswa. Terima kasih kepada ACT karena telah memberikan keberkahan untuk anak-anak sekolah kami di sini,” tutur Asmaul Husna selaku kepala Sekolah MIS Darussalam.

OGAI juga dilakukan di SDN 28 Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Padang. Guru SDN 28 Korong Gadang Atika mengapresiasi program OGAI ACT. Ia berharap, program ini terus berlanjut agar semakin banyak yang peduli terhadap persoalan gizi anak.

"Selain memberikan nutrisi mereka juga diedukasi akan pentingnya gizi bagi tumbuh kembang. Membuat mereka tambah semangat untuk bersekolah," ungkapnya. Lebih lanjut beliau juga beliau memberi pesan semangat kepada semua guru guru hebat di Indonesia untuk tetap memberikan yg terbaik dan membangun karakter baik bersama anak anak.[]