Awal Juni, Bantuan Kemanusian Kuatkan Saudara di Palestina, Yaman, dan Myanmar

Dukungan Sahabat Dermawan tidak pernah berhenti mengalir. Pekan pertama Juni ini, dukungan itu dimaksimalkan untuk membantu pemulihan di Gaza dan membantu kehidupan pengungsi di Yaman serta pengungsi internal Rohingya di Myanmar.

ACT berikan air gratis
Salah satu aksi kemanusiaan pekan ini adalah distribusi air bersih di Gaza. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Bukan hanya di dalam negeri, bantuan Sahabat Dermawan disampaikan Aksi Cepat Tanggap kepada korban konflik kemanusiaan di berbagai negara. Awal Juni ini, berbagai bantuan kembali menyapa saudara di Gaza yang tengah berjuang memulihkan kehidupan. Sementara itu, program air bersih menyapa saudara di Yaman dan Myanmar. Apa saja bantuan kemanusiaan yang diberikan? Berikut laporannya!

Ambulans Baru untuk Palestina

Dalam sepekan terakhir, Palestina menjadi negara yang mendapat perhatian paling banyak dari Sahabat Dermawan. Senin (31/5/2021), satu unit ambulans baru tengah dipersiapkan untuk membantu dua unit ambulans yang sebelumnya sudah bersiaga di Gaza. Tim Global Humanity Response ACT merencanakan, akan ada dua tambahan unit ambulans lagi untuk setidaknya dapat disiagakan di masing-masing kegubernuran Gaza, sehingga nanti total lima ambulans siap mengawal masing-masing wilayah.

Bantuan bahan bakar untuk mendukung listrik rumah sakit di Gaza

Pekan ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali menyampaikan amanah dermawan untuk warga Gaza menjadi bantuan bahan bakar. Paling tidak, 7.600 liter bahan bakar disuplai ACT untuk mengoperasikan generator kompleks Rumah Sakit Al Shifa di Gaza. 


Bantuan bahan bakar yang diimplementasikan awal juni ini. (ACTNews)

“Generator ini, mampu memberikan kebutuhan untuk seluruh kebutuhan listrik seperti ruang ICU, Gawat Darurat, Neonatal ICU dan seluruh ruangan penting lainnya di rumah sakit tersebut,” terang Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response ACT.

Ratusan ton bantuan  logistik siap isi dapur masyarakat Gaza

Bukan hanya di bidang kesehatan, bantuan pangan juga disiapkan di sektor pangan, Sejumlah 150 ton bantuan logistik dipersiapkan ACT di Indonesia Humanitarian Center. “Insyaallah, bantuan ini akan menyapa 7.500 keluarga di Gaza,” tambah Said. 

Community shelter bantu keluarga Palestina tinggal lebih nyaman dan aman

Community shelter disiapkan Tim ACT Palestina di wilayah Deir Al Balah. Kini, ratusan masyarakat Gaza telah mendiami apartemen baru. Unit apartemen dilengkapi dengan furnitur dan peralatan memasak, akses listrik, dan air sehingga akan memudahkan keluarga pengungsi menjalani aktivitas.

Menghidupkan Gaza dengan bantuan air bersih

Humanity Water Tank juga menginjak pedal gasnya pada awal Juni ini. Armada distribusi air bersih ini berkeliling Kota Gaza untuk memberikan bantuan air bersih.. Dalam sekali perjalanan, Humanity Water Tank bisa membagikan hingga 68 ribu liter air bersih untuk warga Gaza. Setidaknya tiap keluarga mendapat jatah 1000 liter per hari.

Bersama relawan bersihkan puing

Selain implementasi program, tim ACT Palestina bersama relawan juga membantu pembersihan puing-puing bangunan yang hancur di Kota Gaza. Selain dengan cara manual, ACT Palestina mengerahkan beberapa unit alat berat seperti truk loader dan eskavator. Jalan-jalan di Gaza yang bersih dari puing diharapkan mempermudah mobilisasi bantuan.

Lihat Galeri Foto: Awal Mula Pemulihan Gaza

Sumur Wakaf redam krisis air di Yaman

Satu unit Sumur Wakaf yang telah dibangun sejak bulan Desember 2020 lalu, kini akhirnya bisa mengalirkan air bersih untuk lebih dari 5.000 warga Taiz. Ancaman krisis air bersih memang nyata di Yaman. Badan PBB yang mengurus anak-anak (UNICEF) memperingatkan, hampir 18 juta orang, termasuk 9,2 juta anak, tidak mendapatkan akses terhadap air bersih di Yaman.

Mendukung kehidupan Rohingya dengan sumber air bersih

Untuk membantu penyintas internal Rohingya di Nga Pwint Gyi, Kota Sittwe, Myanmar, dua unit Sumur Wakaf kembali dibangun. Melalui bantuan ini, diharapkan ratusan warga yang kesulitan mengambil air bersih bisa lebih mudah mengakses sumber air bersih.

Itulah wujud bantuan kemanusiaan dari Sahabat Dermawan yang menyapa saudara di berbagai negara. Mari terus dukung kehidupan dengan bantuan kemanusiaan terbaik kita.[]