Awal Ramadan, Puluhan Guru Honorer di Kabupaten Manggarai Terima Bantuan Biaya Hidup

Bertepatan dengan awal Ramadan, Global Zakat-ACT lewat program Sahabat Guru Indonesia berikhtiar mengapresiasi jasa guru honorer di sejumlah kecamatan di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, dengan memberikan bantuan biaya hidup.

Senyum menghiasi wajah para guru honorer di Kabupaten Manggarai, NTT usai menerima bantuan biaya hidup dari ACT. (ACTNews)

ACTNews, MANGGARAI – Sudah bukan rahasia kalau guru honorer di Indonesia menerima gaji yang jauh dari kata layak. Mereka memutuskan tetap bertahan karena satu hal, yaitu mencintai pekerjaannya.

Global Zakat-ACT lewat program Sahabat Guru Indonesia berikhtiar mengapresiasi jasa guru honorer di sejumlah kecamatan di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, dengan memberikan bantuan biaya hidup. Kegiatan ini dilakukan juga seiring menyambut bulan Ramadan.

"Total ada 72 guru honorer yang kita bantu. Para guru mengabdi di tiga kecamatan, yaitu Satar Mese, Satar Mese Barat, dan Langke Rembong," ujar Bobby Sandra dari Tim Sahabat Guru Indonesia-Tepian Negeri, Selasa (13/4/2021).

Bobby menjelaskan, penyerahan bantuan sempat terhambat jarak antarsekolah yang saling berjauhan, sehingga membutuhkan waktu sekitar tiga hari.

"Namun, untuk proses penyerahan biaya bantuan, semua berjalan lancar. Insyaallah, dengan biaya ini, para guru penerima dapat memenuhi kebutuhannya ke depan, terutama untuk bulan Ramadan ini," jelas Bobby.

Para guru honorer penerima bantuan mengaku, sangat terbantu dengan program yang diinisiasi Global Zakat-ACT ini.  "Kami dari guru-guru wilayah Kabupaten Manggarai mengucapkan terima kasih kepada Global Zakat-ACT dan para dermawan atas dukungannya.Kami berdoa agar Global Zakat-ACT dan para muzaki semakin eksis dan kami juga berharap program ini berlanjut," ujar Abdul Ajis, salah satu guru penerima manfaat dari MIS Nurussalihah.

Dalam acara ini, para anggota forum SGI juga menyepakati untuk menunaikan zakat fitrah melalui Global Zakat-ACT untuk mendukung program-program Global Zakat. Selain itu, mereka juga membawa celengan untuk membiasakan Gerakan Sedekah Harian yang akan disalurkan untuk aksi-aksi kemanusiaan.[]