Ayo Kembali Perketat Protokol Kesehatan di Tempat Kerja

Saat ini, sudah banyak pekerja yang kembali bekerja dari kantor. Namun, di sisi lain, jumlah penularan Covid-19 kembali bertambah seiring kehadiran varian omicron. Dokter Jati Satriyo dari Tim Humanity Medical Services ACT mengajak para pekerja untuk kembali memperketat protokol kesehatan di tempat kerja. Berikut sejumlah saran yang bisa dilakukan.

tips cegah covid-19
Ilustrasi. Gedung-gedung perkantoran di kawasan Sudirman-Thamrin Jakarta. (ACTNews/Yudha)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Menghindari penularan Covid-19 di tempat kerja, dr. Jati Satriyo dari tim Humanity Medical Services ACT membagikan sejumlah saran yang bisa dilakukan para karyawan.

Memakai Masker

Masker terbukti dapat mencegah penularan Covid-19. Menurut dr. Jati, saat ini banyak masyarakat yang sudah kendor dalam memakai masker saat keluar rumah. “Masker melindungi agar kita terhindar dari Covid-19 yang menyebar melalui droplet,” jelasnya. 

Sering Mencuci Tangan

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau cairan sanitasi tangan. Menurut dr. Jati, tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman/virus dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain. 

“Baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung, menggunakan permukaan-permukaan lain seperti gagang pintu dan sebagainya,” kata dr. Jati, Jumat (21/1/2022). 

Apabila belum mencuci tangan, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Apabila sedang sakit bekerjalah dari rumah. 

Hindari Kerumunan dan Jaga Jarak 

Selalu jaga jarak 1,5 sampai 2 meter dengan orang lain dan menghindari kerumunan. Saat di lift kantor, menjaga jarak dengan posisi saling membelakangi. 

Jaga Kebersihan 

Cara menjaga kebersihan area kerja yakni dengan melakukan desinfeksi secara rutin. Selain itu, pastikan juga tempat kerja memiliki ventilasi yang baik. “Agar sirkulasi udara baik, jendela harus dibuka. Kalau ruangan ber-AC, maka masker tidak boleh dilepas dan sesekali keluar ruangan mencari udara segar,” katanya. 

Berhenti Merokok

Varian Covid-19 Omicron lebih cepat menyebar dari Covid-19 varian Delta. Merokok dapat mengakibatkan infeksi saluran pernafasan dan komplikasi. Sehingga bisa memperparah kondisi pasien yang terinfeksi Covid-19.

Segera Vaksin 

Vaksin terbukti dapat mengurangi risiko terpapar Covid-19. Apabila terinfeksi pun, imun tubuh lebih kuat dan siap, karena sudah divaksin Covid-19. “Segera vaksin di pelayanan kesehatan terdekat, gratis,” ujarnya.

Selanjutnya, dr. Jati mengimbau bagi masyarakat Jabodetabek yang ingin mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah, bisa menghubungi nomor WhatsApp Humanity Medical Careline ACT 0812-9536-2056 di hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB.[]