Bahagia Pengungsi Gempa Maluku Sambut Kurban

Global Qurban - ACT mendistribusikan belasan hewan kurban kepada penyintas gempa di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Hampir satu tahun setelah gempa, warga masih tinggal di pengungsian sebab rumah mereka masih rusak dan sering terjadi gempa-gempa kecil susulan.

Anak-anak dan warga pengungsian di Desa Liang, Maluku Tengah menerima daging kurban. (ACTNews)

ACTNews, MALUKU TENGAH – Global Qurban – ACT Maluku mendistribusikan 16 ekor kambing dan 5 ekor sapi kurban untuk para pengungsi di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Pendistribusian dilakukan bertepatan pada hari tasyrik terakhir atau Senin (3/8) lalu.

Muhammad Syamsudin Mahu dari Tim Program Global Qurban - ACT Maluku mengatakan pembagian hewan kurban ini untuk berbagi kasih dan kebahagiaan di Iduladha 1441 Hijriah. Targetnya adalah masyarakat yang masih tinggal di dalam tenda-tenda pengungsian.

“Amanah para dermawan pada kurban kali ini kepada kami adalah 16 ekor kambing dan 5 ekor sapi. Penyembelihan dilakukan di beberapa titik tenda pengungsian yaitu Puncak Bun-Bum, Puncak Menderita, dan Rahban. Penyaluaran hewan kurban kita fokuskan di kamp pengungsian karena para penyintas gempa masih bertahan di tenda pengugsian dengan keterbatasan,” ujar Syamsudin.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pascagempa M6,5 pada 26 september 2019 lalu, warga Maluku Tengah dan sekitar Kota Ambon mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Menjelang satu tahun berlalunya gempa, rumah-rumah mereka masih dalam kondisi rusak sehingga mereka masih harus tinggal di tenda-tenda pengungsian. Ditambah gempa-gempa kecil susulan juga saat ini membuat mereka masih trauma.


Warga sedang bekerja sama mencacah daging kurban. (ACTNews)

Atas bantuan ini, Rustam Samual, salah seorang pengungsi di Puncak Bun- Bum, sangat berterima kasih kepada Global Qurban – ACT yang telah mendistribukan hewan kurban kepada para penyintas. Rustam mengatakan adanya bantuan ini menjadi kebahagiaan tersendiri buatnya dalam momentum lebaran Iduladha.

“Alhamdulillah kami sangat berterima kasih kepada Global Qurban – ACT Maluku yang telah menyalurkan dan menyembelih 16 ekor kambing dan 5 ekor sapi untuk kita di tenda pengungsian, menjadi rasa bahagia terdesendri untuk kami para pengungsi,” ungkap Rustam.


Sementara itu, Syamsudin bersyukur atas kepedulian dermawan yang masih memberikan perhatiannya kepada warga terdampak gempa di Maluku. 

“Kami berterima kasih atas amanah para dermawan pada Iduladha tahun ini. Semoga dapat menjadi keberkahan tersendiri. Dan kami berharap kepedulian ini terus berlanjut, mengingat masih banyak saudara-saudara kita yang saat ini masih membutuhkan di Desa Liang,” harapnya. []