Bahagia Sanaria Dapatkan Sedekah Modal Usaha

Gempa yang belum sepenuhnya pulih kemudian disusul pandemi Covid-19 membuat usaha dagang skala kecil Sanaria mengalami sepi pembeli lebih dari satu tahun. Namun, lewat dukungan sedekah modal usaha, kini dirinya tengah semangat berjuang meningkatkan

Sanaria saat menerima sedekah modal usaha dari Global Wakaf-ACT. Ia sendiri merupakan pedagang kecil yang penghasilannya menurun sejak gempa Ambon 2019 lalu dan disambut pandemi Covid-19. (ACTNews)

ACTNews, AMBON – Terhitung sudah 10 tahun Sanaria berjualan gorengan dan makanan ringan lain di Jalan Air Besar tak jauh dari kampus Institut Agama Islam Negeri Ambon. Tak ada pilihan lain bagi Sanaria untuk usaha, ia tak memiliki kemampuan lain. Ikhtiar berjualan gorengan ini pun dilakukan demi mengurangi beban perekonomian keluarganya.

Waktu subuh menjadi awal bagi Sanaria memulai kegiatannya. Ia menuju pasar untuk belanja bahan-bahan jualan. Pukul 9 pagi ia baru memulai pekerjaan di warung sederhana tempatnya menjajakan makanan ringan. Untuk modal jualannya ini, Sanaria memulainya dari pinjaman dari bank, sehingga ada tanggungan pembayaran pinjaman ke bank setiap bulannya dengan tambahan bunga.

Sayang, usahanya ini sudah lebih dari satu tahun mengalami sepi pembeli dan sangat berpengaruh pada pendapatannya. Hal ini dirasakan Sanaria sejak Maluku dihantam gempa pada September 2019 silam. Bencana alam tersebut membuat banyak tempat mengalami kerusakan, termasuk IAIN Ambon yang mahasiswa menjadi salah satu pelanggan terbanyak dagangan Sanaria.

“Belum selesai pemulihan gempa, terus ada pandemi Corona, jadi dagangan semakin sepi,” ungkap Sanaria.

Melihat kondisi dagangan kecil Sanaria yang sepi dan masih memiliki tanggungan hutang ke bank, ACT di awal Januari 2021 ini mendukung semangat Sanaria dengan sedekah modal usaha dari program Sahabat UMKM Indonesia.

Kini, Sanaria tengah bersemangat untuk berdagang. Ia optimis dengan dagangan tersebut mampu memperbaiki ekonomi keluarganya. Apalagi dengan sedekan modal usaha dari yang menambah beragam barang dagangan di warung sederhana Sanaria. “Terima kasih atas bantuan ini,” ungkapnya.[]