Bahagiakan Lansia Lewat Zakat yang Tersalurkan

Menunaikan zakat tak sebatas menyempurnakan ibadah. Akan tetapi, manfaatnya begitu jelas terasa bagi mustahik yang menerimanya.

1
Seorang lansia di Bandung menerima paket pangan dari zakat yang disalurkan melalui Global Zakat-ACT. (ACTNews)

ACTNews, BANDUNG – Sebagai penyempurna ibadah, zakat memiliki banyak manfaat. Global Zakat-ACT telah mewujudkannya dengan menghadirkan berbagai program, mulai dari pangan, hingga tunjangan hidup bagi guru, dai, pelajar hingga warga prasejahtera. Berkolaborasi dengan berbagai pihak yang menyalurkan zakat, manfaat kebaikan ini meluas ke berbagai daerah, tak mengenal batasan.

Salah satu pihak yang menyalurkan zakat melalui Global Zakat ialah Biro Kerohanian PT Jasa Sarana, Bandung. Zakat penghasilan direksi dan karyawan perusahaan tersebut diamanahkan kepada global Zakat untuk disalurkan ke mustahik.

“Mudah-mudahan zakat yang ditunaikan menjadi kebermanfaatan, khususnya penerima manfaat dan berkah untuk kita semua,” ungkap Rizki Ihsan fauzi, Ketua Rohis Jasa Sarana.

Penyaluran zakat kepada mustahik ini dilakukan di awal Mei. Sasarannya ialah lansia di empat kelurahan di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung. Didampingi oleh lurah setempat, penyerahan paket Ramadan sebagai bentuk zakat berlangsung di Kelurahan Cisaranten Kidul, Rancabolang, Cimincrang, dan Cisaranten Wetan, Sabtu (1/5/2021).

Sambutan pun datang dari lansia yang mendapat paket pangan Ramadan ini. Walau usianya tak lagi mudah, mereka begitu bersemangat mengucapkan terima kasih tak henti-hetinya diterima oleh relawan yang mendistribusikan paket pangan tersebut.

“Penerima manfaat zakat ini merupakan lansia karena mereka termasuk golongan yang sudah sulit jika harus bekerja. Mereka pun kondisi ekonominya prasejatera. Untuk itu, dengan hadirnya paket pangan ini mampu menopang penghidupan mereka,” harap Irvan Apriana dari tim Program ACT Bandung.

Hingga menjelang akhir Ramadan nanti, Global Zakat-ACT masih terus membuka kesempatan bagi warga yang ingin menunaikan zakatnya. Nantinya, pendistribusian zakat tersebut akan menyasar warga prasejahtera di berbagai daerah. Sedekah bisa disalurkan melalui BNI Syariah 99 0000 353 atas nama Global Zakat atau datang langsung ke Kantor ACT Bandung di Jalan Lodaya, Nomor 36, Kota Bandung.[]