Bahagianya Pekerja di TPA Nangkaleah Sambut Lumbung Sedekah Pangan

Puluhan pencari barang bekas dan petugas kebersihan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nangkaleah mendapatkan manfaat dari hadirnya Lumbung Sedekah Pangan yang baru saja diaktivasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nangkaleah, Tasikmalaya, pada Selasa (9/11) lalu.

Proses distribusi bantuan dari Lumbung Sedekah Pangan yang baru saja diaktivasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nangkaleah. (ACTNews/Rimayanti)

ACTNews, TASIKMALAYA – Omon (50) sedang berjibaku memilah barang bekas ditengah gunungan sampah pada saat itu. Lalu ia mendatangi Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya yang sedang bersiap membereskan bahan pangan di rak Lumbung Sedekah Pangan. Bersamaan dengan Omon, beberapa pekerja Tempat Pembuangan Akhir (TPA) juga mengantre untuk mendapatkan kebutuhan pangan di Lumbung Sedekah Pangan yang diaktivasi di TPA Nangkaleah, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (9/11).

“Hari ini bahagia sekali kedatangan akang-teteh yang membawa bantuan pagan. Bagus programnya, alhamdulillah kami pun terbantu. Mudah-mudahan saja bisa berjalan dengan rutin,” ungkap Omon.

M. Fauzi Ridwan dari Tim Program ACT Tasikmalaya menjelaskan Lumbung Sedekah Pangan di TPA Nangkaleah ini baru pertama kali diaktivasi. “Alhamdulillah lumbung ini baru saja diaktivasi untuk pertama kalinya di TPA Nangkaleah, yang sebelumnya sudah berjalan rutin di TPA Ciangir Kota Tasikmalaya. Kali ini bantuan juga sampai kepada mereka yang sama-sama membutuhkan di TPA ini. Karena jika berbicara dampak, mereka pun sama-sama terdampak,” ungkap Fauzi.


Dalam kesempatan ini, puluhan warga yang terdiri dari pencari barang bekas dan petugas kebersihan di TPA tersebut mendapatkan manfaat dari hadirnya Lumbung Sedekah Pangan. Apresiasi juga disampaikan oleh Heri selaku koordinator seluruh pekerja di TPA tersebut. “Meni bahagia pisan, kedatangan rekan-rekan dari ACT yang menyampaikan bentuk kepeduliannya kepada kami yang ada di sini. Mudah-mudahan saja program ini bisa terus berlanjut,” tambah Heri.

Melihat antusias dari warga yang ada di TPA Nangkaleah, Fauzi turut mengajak para dermawan untuk ikut mendukung meluaskan program Lumbung Sedekah Pangan. “Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dari dampak ekonomi pandemi juga dirasakan oleh mereka para pekerja harian, tak terkeculai para pekerja di TPA Nangkaleah. Dengan hadirnya lumbung sedekah pangan ini semoga sedikit bisa meringankan beban dan kebutuhan pangan mereka untuk beberapa hari ke depan. Kami juga mengajak para dermawan untuk meluaskan manfaat dari adanya Lumbung Sedekah Pangan ini. Sedekah terbaik dapat disalurkan melalui rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap, BNI Syariah di nomor 88 0000 9277 atau melalui laman Indonesia Dermawan. Atau bisa juga menyampaikan bantuan pangan langsung ke kantor ACT Tasikmalaya Jl Cimulu No.15 Tawang, Kota Tasikmalaya,” terang Fauzi. []