Bangkitkan Asa di Tanah Gaza Palestina

Kebutuhan pangan, ekonomi, dan kesehatan warga Palestina di Gaza sedikit demi sedikit mulai bangkit. Aksi Cepat Tanggap pun membagikan bantuan kemanusiaan kepada 296.541 jiwa atau sebanyak 29.577 jumlah kepala keluarga di Gaza pada periode 1 Mei-16 Juli 2021.

bantuan kemanusiaan ACT untuk Gaza
Kebahagiaan salah seorang anak Palestina saat menerima bantuan air bersih. (ACTNews)

ACTNews, PALESTINA – Kehadiran bantuan Sahabat Dermawan bagi masyarakat Palestina di Gaza semakin hari kian berbuah. Periode 1 Mei-16 Juli 2021 jumlah penerima manfaat mencapau 296.541 jiwa atau sebanyak 29.577 jumlah kepala keluarga.

Kini kebutuhan pangan, ekonomi, dan kesehatan masyarakat Gaza sedikit demi sedikit mulai bangkit. “Alhamdulillah, berkat dukungan masyarakat Indonesia terhadap warga Palestina. Saat ini mereka mulai bangkit karena terbantukan atas sedekah dan wakaf yang telah kita sampaikan,” ungkap Andi Noor Faradiba dari Tim Global Humanity Response-ACT, pada Ahad (19/7/2021).

Faradiba mengungkapkan, pada bidang kesehatan telah dioptimalkan berbagai pelayanan bagi warga Palestina, yakni kehadiran 7 Klinik Medis Indonesia, 11 unit ambulans, dan 67 aksi medis yang telah dilakukan.

Tak hanya dari segi kesehatan saja, kontribusi ACT pada bidang pangan telah membantu warga Palestina dalam mengatasi kelaparan, yakni dengan adanya Paket Pangan, Dapur Umum Indonesia, Distribusi Air Bersih, dan Humanity Food Truck.

Bidang ekonomi juga menjadi fokus ACT dalam memaksimalkan amanah warga Indonesia, yakni dengan pemberian bantuan bahan bakar dan listrik, bantuan tunai, distribusi hasil pertanian, Sumur Wakaf, Wakaf Pertanian, Wakaf Usaha Mikro, hingga kehadiran Sister Family Indonesia-Palestina.

“Insyaallah, kehadiran ACT dan masyarakat Indonesia selama ini bisa menjadi jalan dalam membangkitkan Palestina dari krisis kemanusiaan yang sudah cukup lama ini. Semoga aksi nyata ini bisa terus menebar manfaat yang lebih banyak lagi,” tambah Faradiba.[]