Bangun Ketahanan Pangan Palestina dengan Wakaf Distribution Center

Sebagai upaya untuk meredam kerawanan pangan, Global Wakaf-ACT berikhtiar membangun Wakaf Distribution Center di Gaza. Berkonsep seperti supermarket, WDC akan menjajakan bahan-bahan pangan berkualitas untuk warga Gaza.

wakaf distribution center
Ilustrasi. Wakaf Distribution Center yang ada di Indonesia. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Perlu upaya besar untuk memulihkan kondisi Gaza. Berdasarkan data yang dihimpun Global Humanity Response ACT, ada dua juta warga Palestina yang mengalami kerawanan pangan. Sementara 1,4 juta di antaranya adalah warga Palestina yang bermukim di Gaza. Kerawanan pangan disebabkan tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Gaza. 

"Kemiskinan dan pengangguran ini meningkat tiap tahun. Blokade dari zionis Israel serta adanya pandemi Covid-19, membuat perlambatan sektor ekonomi. Menimbulkan gangguan yang berdampak parah pada keseluruhan sistem pangan. Termasuk produsen, pengolah, pemasar, pengangkut, dan konsumen," ujar Amir Firdaus dari tim GHR-ACT, Selasa (29/6/2021).

Sebagai upaya meredam kerawanan pangan tersebut, Global Wakaf ACT pun berikhtiar membangun Wakaf Distribution Center (WDC) di Gaza. Berkonsep seperti supermarket, WDC akan menjajakan bahan-bahan pangan berkualitas untuk warga Gaza dengan harga yang lebih murah dibanding harga pasar. Bahkan, untuk beberapa keluarga prasejahtera yang telah ditetapkan, bisa mendapatkan bahan pangan secara gratis tiap bulannya.

Nantinya, WDC akan menyediakan berbagai kebutuhan pangan pokok dari mulai sayuran, buah-buahan, hingga berbagai jenis daging. Seperti ayam, kambing, sapi, dan ikan. Bahan-bahan tersebut pun dibeli langsung dari para petani, peternak, dan nelayan di Gaza.

"WDC ini akan menyejahterakan banyak keluarga Gaza. Mereka adalah keluarga prasejahtera, keluarga yatim, keluarga terdampak pandemi virus Covid-19, keluarga yang terpinggirkan, dan kelompok rentan lainnya. Selain itu, terdapat banyak elemen masyarakat lainnya yang mendapatkan benefit dengan adanya program ini, seperti petani sayuran, petani buah-buahan, peternak unggas dan nelayan," jelas Amir.

Dengan kehadiran pangan berkualitas di WDC ini, maka tingkat kerawanan pangan di Palestina pun berpotensi diredam. WDC mendukung adanya diversifikasi pangan, sehingga mencegah malnutrisi bagi kelompok rentan seperti anak-anak, ibu hamil menyusui, dan lansia, serta mendukung ketahanan pangan yang berkelanjutan.[]