Bangun Sinergitas, Pemerintah Sinjai Gelar Apel Penanggulangan Bencana

Pada "Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Satgas Penanggulangan Bencana Alam" yang digelar pada Jumat (10/1) itu, Wakil Bupati Sinjai berharap para relawan yang hadir dapat memantau perkembangan situasi dan kondisi cuaca, iklim, dan perubahan alam yang terjadi, terutama pada wilayah rawan bencana.

Bangun Sinergitas, Pemerintah Sinjai Gelar Apel Penanggulangan Bencana' photo
Wakil Bupati Sinjai sedang memeriksa pasukan apel. (ACTNews)

ACTNews, SINJAI  - Anomali cuaca membuat semua daerah menjadi siaga dalam mengantisipasi potensi bahaya yang mengintai di setiap daerah, begitu halnya dengan Kabupaten Sinjai. Persiapan antisipasi berupa Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Satgas Penanggulangan Bencana Alam digelar di halaman Eks Kantor Bupati Sinjai, pada Jumat (10/1) lalu.

Wakil Bupati Sinjai A. Kartini Ottong yang hadir pada apel itu, menekankan agar setiap personel yang tergabung dalam pasukan siaga bencana untuk berperan aktif. Mereka diharapkan dapat memantau perkembangan situasi dan kondisi cuaca, iklim, dan perubahan alam yang terjadi terutama pada wilayah rawan bencana.


“Saya berharap kita dapat menjadi wadah untuk mengasah kesiapsiagaan, kepekaan, serta penguatan daya tanggap sebagai proses membangun dan menumbuhkan kemandirian bersama, dalam menghadapi dan mengatasi setiap ancaman bencana,” pesan Kartini.

Kegiatan penanaman bibit mangrove yang diinisiasi oleh pihak kepolisian dan TNI Kabupaten Sinjai sebagai rangkaian acara apel. Kegiatan ini lakukan di Pantai Hubat, Desa Sanjai, Kecamatan Sinjai Timur, Jumat (10/1) 

Ia melanjutkan, penanggulangan bencana di Kabupaten Sinjai melalui Satgas yang sudah dibentuk, diharapkan juga memiliki kemampuan dan kecepatan bertindak dalam mengatasi setiap situasi yang terjadi.

Hadir pada apel ini antara lain unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Organisasi Perangkat Daerah Teknis Sinjai, personel TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sinjai, Aksi Cepat Tanggap, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sinjai, Orari Lokal Sinjai, Tagana, PMI, Kwarcab Pramuka Sinjai, serta SARSOS Karang Taruna Sinjai.

Sementara itu, Komandan Rescue MRI Sinjai, Aso Mawardi sangat mengapresiasi apel gelar pasukan yang melibatkan banyak lembaga dan potensi tanggap darurat. "Tentunya kami sangat mengapresiasi atas Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana hari ini, di mana MRI Sinjai dan ACT hadir sebagai salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang sosial kebencanaan. Terlebih lagi untuk urusan kemaslahatan orang banyak memang sangat dibutuhkan sinergitas semua lembaga,” tutup Aso.[]


Bagikan