Banjir Bandang Terjang Batu dan Malang

Banjir bandang menerjang Kota Batu di Jawa Timur, akibat hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno.

banjir malang
Banjir Bandang Terjang Kota Batu. Sejumlah Fasilitas Publik Mengalami Kerusakan (ACTNews)

ACTNews, MALANG -- Banjir bandang menerjang Kota Batu di Jawa Timur, akibat hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, pada Kamis (4/11/2021), pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan laporan yang diterima ACTNews, arus sungai anak sungai Brantas yang melintas di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, terpantau mengalir sangat deras dengan membawa beberapa material lumpur, batu, dan potongan pohon serta puing bangunan.

Tim ACT Malang Iqrok Wahyu Perdana mengatakan, banjir bandang tersebut, sementara telah berdampak di 5 desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Rinciannya adalah Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo dan Desa Sidomulyo.

“Iya sampai dengan saat ini laporan lima desa yang terdampak banjir bandang,” ujarnya.

Tak hanya di Batu. Banjir bandang pun menerjang Kota Malang. Berbagai fasilitas publik dilaporkan mengalami kerusakan. Jembatan hingga kawasan wisata Kampung Warna-Warni Jodipan turut terdampak.

Tim tengah melakukan pemberian pertolongan pertama kepada korban banjir bandang (ACTNews)

Iqrok melanjutkan, warga desa terdampak mulai mengungsi ke tempat aman sambil membawa perlengkapan seadanya. Barang serta persediaan bahan pokok mereka sudah tak bisa lagi digunakan. Bahkan tak sedikit yang hanyut terbawa derasnya aliran arus. Kini warga membutuhkan berbagai bantuan.

“Di lokasi pengungsian banyak bayi, anak-anak, lansia dalam kondisi sangat membutuhkan bantuan pangan, selimut, pakaian hangat dan obat-obatan,” kata Iqrok.[]