Banjir Bandang Terjang Enam Desa di Sumbawa

Banjir bandang terjang enam desa di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa. Sejumlah rumah, saluran irigasi, pipa air, dan jembatan hanyut terbawa air bah.

banjir bandang di sumbawa
Kondisi banjir di Sumbawa. (ACTNews)

ACTNews, SUMBAWA – Hujan deras dengan intensitas tinggi pada Senin (14/2/2022) sore memicu banjir bandang di enam desa di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, NTB. Sejumlah rumah, jembatan, saluran irigasi, pipa air, dan fasilitas di tempat wisata hanyut. 

M. Romli Saefudin tim Tanggap Darurat ACT NTB mengatakan, sebanyak 533 KK di Desa Kalimango, Desa Baru, Desa Dalam, Desa Juran Alas, Desa Marente, dan Desa Luar terdampak. Data terakhir, dua rumah hanyut, 8 rumah rusak berat, 171 rumah rusak ringan, 4 ekor sapi hilang dan bronjong di Desa Juran Alas dan Baru amblas.

“Jembatan Cinta di Desa Baru, pipa induk PDAM, Taman Wisata Marente Beruga, Pipa PAMSIMAS, Jembatan Limpas, Jembatan POKDARWIS Tiu Kele dan saluran irigasi Uma Bulu hanyut diterjang banjir bandang,” kata Romi saat dihubungi ACTNews, Selasa (15/2/2022). 

Romi melanjutkan ketinggian banjir sekitar 1-1,5 meter. Saat ini, tim Tanggap Darurat ACT tengah menuju lokasi untuk melakukan evakuasi dan asesmen.[]