Banjir Bandang Terjang Sejumlah Kecamatan di Jember

Banjir bandang terjang Perumahan Bumi Mangli Permai Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Tim Tanggap Darurat ACT mendistribusikan bantuan dan membantu warga membersihkan fasilitas umum dari material banjir.

banjir di jember
Tim Tanggap Darurat ACT bersama relawan membersihkan jalan dari sisa material banjir. (ACTNews)

ACTNews, JEMBER – Banjir bandang terjang perumahan Bumi Mangli Permai, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Ahad (9/1/2022). Renanda Saputra dari tim ACT Jember mengatakan, pada pukul 14.30 WIB, sebagian wilayah Kabupaten Jember diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Pada pukul 16.00 debit air sungai dekat perumahan tersebut meluap hingga ke pemukiman warga.

Menurut Renanda, sekitar pukul 20.00 WIB, banjir telah surut. Tim Tanggap Darurat ACT membantu warga membersihkan rumah, musala, dan akses jalan yang tertutup material sisa banjir. 

“Tim ACT berangkat menuju lokasi pukul 19.00 WIB. Setibanya di lokasi langsung mendistribusikan bantuan. Sekitar pukul 20.00 WIB banjir surut dan tim langsung membantu warga membersihkan rumah dan fasilitas umum dari material sisa banjir,” lapor Renanda, Senin (10/1/2022). 

Selain di Kaliwates, banjir juga terjadi di Desa Rambipuji di Kecamatan Rambipuji dan Desa Kemiri di Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Banjir membuat seorang warga hilang dan satu orang meninggal dunia. Sekitar 150 unit rumah dan tiga tempat ibadah rusak. Jalan utama di Kecamatan Rambipuji pun amblas.

Renanda mengatakan, walau banjir telah surut, warga masih membutuhkan bantuan pangan siap santap dan air bersih.[]