Banjir Bukan Penghalang Ustaz Yusuf Berdakwah

Meski rumahnya yang juga tempat mengaji sering terkena banjir luapan Danau Limboto, Ustaz Yusuf tetap istikamah mengajar.

ustaz yusuf gorontalo
Ustaz Yusuf (kiri) saat menerima bantuan biaya hidup dari Global Zakat-ACT. (ACTNews)

ACTNews, GORONTALO – Luapan Danau Limboto yang sering menggenangi rumah Ustaz Yusuf di Desa Tualango, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo membuat kegiatan mengaji anak-anak sering terhambat. Akibat tidak memiliki tempat lain, kegiatan mengaji belum bisa dipindahkan. 

Ustaz Yusuf menjelaskan, meski sering terhambat semangat anak-anak mengaji tidak surut. Semangat itulah yang membuat Ustaz Yusuf istikamah menjadi guru mengaji bagi anak-anak pinggiran Danau Limboto hingga saat ini. 

“Bahkan saat banjir pun, mereka datang untuk mengaji meski akhirnya diliburkan. Mereka saja semangat, masak saya loyo? Jadi sampai sekarang masih ada (anak-anak mengaji),” ujar Ustaz Yusuf saat ditemui tim ACT Gorontalo, Senin (22/11/2021).

Ustaz Yusuf melanjutkan, anak-anak yang mengaji tidak dipungut iuran. Namun, sesekali orang tua wali memberikan sesuatu sebagai tanda terima kasih. 

“Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,  saya bekerja serabutan, cari ikan di Danau Limboto, bantu-bantu orang, sampai mengajar les,” kata pria yang sudah mengajar mengaji sejak 2015 ini. Untuk Mendukung perjuangan Ustaz Yusuf, Global Zakat-ACT memberikan bantuan kehormatan berupa biaya hidup.[]