Banjir Cianjur Jumat Malam Terjang Tiga Kecamatan

Aksi Cepat Tanggap dan relawan Masyarakat Relawan Indonesia menuju desa terdampak banjir di Kecamatan Agrabinta dan Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur.

Kondisi banjir di Kecamatan Agrabinta. (Dokumen istimewa)

ACTNews, CIANJUR – Banjir Cianjur menerjang sejumlah desa di tiga kecamatan. Berdasarkan laporan yang Aksi Cepat Tanggap terima banjir yang terjadi Jumat (2/10) pukul 18.30 WIB itu menerjang empat desa di Kecamatan Leles, tiga desa di Kecamatan Agrabinta, dan dua desa di Kecamatan Cijati.

Kepala Desa Sindangsari Kecamatan Leles Endang Mulyadi melaporkan satu orang warga meninggal dunia. Ia pun meminta bantuan darurat untuk masyarakat yang sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. “Saya bantuannya, terutama ke bapak bupati Cianjur, BPBD Kabupaten Cianjur. Sementara, sebagian warga masyarakat sudah dievakuasi ke gunung sekitar wilayah, terima kasih,” kata Endang.

Kepala Desa Sukamanah, Kecamatan Agrabinta Aludin mengatakan, ratusan rumah terendam di Desa Sukamanah dan Desa Mekarsari, Kecamatan Agrabinta. “Banjir di Desa Sukamanah tersebar di  lima titik banjir dan di Desa Mekarsari dua titik,” kata Aludin.

Saat ini tim Aksi Cepat Tanggap Sukabumi tengah menuju lokasi banjir di Kecamatan Agrabinta. Sementara, Kepala Regional Jawa Barat Reinno Mahmoedin menjelaskan, relawan ACT-MRI Cianjur bersama tim gabungan tengah menuju ke Kecamatan Leles. “Mohon doa Sahabat Dermawan semua. Tim kami sampai Sabtu (3/10) siang ini masih terhalang longsor dan harus memutar arah. Setibanya di lokasi, tim akan segera melaporkan kebutuhan darurat para korban,” jelas Renno.

Di sejumlah desa, banjir mencapai dua meter. Sejak Jumat malam, warga berjaga dan saling bantu mengevakuasi.[]