Banjir dan Longsor Kepung Jayapura

Banjir dan longsor terjadi di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Listrik padam, Kantor Gubernur Papua dan rumah sakit juga terendam.

banjir di jayapura
Warga melintasi jalan di Kota Jayapura yang terendam banjir, Jumat (7/1/2022). (ACTNews/Safrudin Abas)

ACTNews, JAYAPURA – Banjir dan longsor terjadi di Jayapura, Jumat (7/1/2021). Bencana tersebut salah satunya dipicu hujan deras Kamis (6/1/2022) malam hingga Jumat pagi.

Tim Tanggap Darurat ACT Papua Muh Nurfuad melaporkan, hampir semua jalan di pusat Kota Jayapura tenggelam. Bahkan Kantor Gubernur Papua dan Rumah Sakit Aryoko tenggelam. Ketinggian air mencapai dua meter. Banjir menggenangi lima kecamatan yakni Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram dan Muara Tami.

“Jalan dari arah SPBU Apo hingga ke tengah Kota Jayapura tenggelam. Tim tanggap darurat ACT sudah ikut melakukan evakuasi,” ujar Nurfuad kepada ACTNews, Jumat (7/1/2022). 

Sementara itu, longsor yang terjadi di Klofkamp Kota Jayapura merenggut sejumlah korban jiwa. Listrik di Kota Jayapura juga padam sejak Kamis malam hingga Jumat pagi. “Warga tertimbun belum ditemukan. Intensitas hujan juga masih tinggi, rawan terjadi longsor susulan,” jelasnya.[]