Banjir dan Longsor Landa Sejumlah Titik di Kebumen

Sejumlah aliran sungai yang membelah Kebumen meluap sampai membanjiri ruas jalan dan pemukiman warga. Gorong-gorong dan sungai yang sejajar dengan jalan tidak lagi mampu menampung limpahan volume air yang besar.

BPBD Kebumen melaporkan, 13 kecamatan dilanda banjir, sementara 11 kecamatan mengalami longsor. (Kebumen Ekspres/Ahmad Saefur Rohman)

ACTNews, KEBUMEN - Sejak beberapa pekan terakhir, hujan lebat disertai cuaca ekstrem mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Kebumen. Tidak hanya angin kencang, tapi intensitas hujan yang tinggi sepanjang hari memicu terjadinya fenomena pergerakan tanah (longsor) juga banjir di banyak desa.

Mengutip pernyataan Kepala Pelaksana Harian BPBD Kebumen Eko Widianto, sejumlah aliran sungai yang membelah Kebumen meluap sampai membanjiri ruas jalan dan pemukiman warga. Gorong-gorong dan sungai yang sejajar dengan jalan tidak lagi mampu menampung limpahan volume air yang besar.

Dari laporan yang direkapitulasi oleh BPBD Kebumen, tanggal 15-17 Januari kemarin terdata 11 kecamatan dengan 25 desa mengalami longsor. Sedangkan 13 kecamatan dengan 37 desa dihantam banjir.

Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah mengabarkan, sampai hari Jumat (18/1) masih terdapat beberapa titik yang tergenang banjir. Di Kecamatan Puring misalnya, Jumat siang kemarin banjir masih setinggi lutut orang dewasa.

“Selain di Puring, Kecamatan Adimulyo juga masih mengalami hal yang sama,” kata Giyanto selaku Kepala Program ACT Jawa Tengah.

Jumat (18/1) sore, Tim Relawan ACT melaporkan sudah bertolak dari Semarang menuju Kebumen. Setiba di Kebumen, Tim ACT berencana membuka dapur umum, juga memulai mengerahkan Tim Medis ACT untuk pelayanan kesehatan.

Dalam rilisnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi perkiraan cuaca yang akan terjadi di Kebumen hingga Ahad (20/1) mendatang. Hujan akan dirasakan warga Kebumen sejak siang hari dengan rata-rata suhu 27 derajat celsius. Tak lupa, BMKG juga mengimbau warga agar waspada terhadap angin kencang dalam beberapa hari mendatang.  []