Banjir dan Longsor Terjang 5 Desa di Garut

Hujan dengan intensitas tinggi membuat beberapa sungai di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut meluap. Hal ini memicu terjadinya banjir dan longsor di lima desa di Kecamatan Selaawi.

banjir di garut
Masyarakat Relawan Indonesia tengah membantu membersihkan rumah warga yang terkena banjir. (ACTNews)

ACTNews, GARUT Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut pada Kamis (13/1/2022) membuat sungai meluap dan memicu terjadinya banjir bandang di lima di Kecamatan Selaawi. Lima desa tersebut yakni Desa Mekarsari, Desa Putrajaya, Desa Selaawi, Desa Samida, dan Desa Pelita Asih.

Camat Selaawi Ridwan Effendi mengatakan, banjir di wilayahnya terjadi usai hujan sejak pukul 14.00 hingga pukul 18.00 WIB. Selain banjir, longsor juga terjadi di beberapa titik di kawasan Kecamatan Selaawi. 

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir bandang dan tanah longsor ini. Namun satu rumah warga di RW 11 dan di Legok Bedeng terendam. Selain itu,banjir juga merendam lapangan futsal,” ujarnya, Kamis (13/1/2022). 


Merespons hal ini, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) & Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Garut segera ke lokasi kejadian. Berdasarkan hasil asesmen, beberapa rumah yang terdampak banjir sudah mulai dibersihkan, sementara jembatan yang terputus dalam proses pembersihan.

“Respons bencana di Selaawi, kami dari MRI-ACT Garut pada Jum’at 14 Januari 2022 turun ke lokasi. Dari hasil asesmen, warga membutuhkan alat kebersihan,selang air, makanan siap saji, dan air bersih” Ujar Ketua Harian MRI Garut, Salhapi.[]