Banjir dan Longsor Terjang Kamp Pengungsian Rohingya, Enam Orang Tewas

Pengungsi Rohingya di distrik perbatasan Cox’s Bazar, Bangladesh tengah diambang pilu akibat terjangan longsor dan banjir bandang pada Selasa (27/7/2021) kemarin. Enam orang pengungsi Rohingya tewas akibat bencana ini, termasuk anak-anak.

banjir longsor rohingya
Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) tengah mengevakuasi salah seorang anak dari pengungsi Rohingya yang terdampak longsor dan banjir bandang di Cox’s Bazar, Bangladesh. (ACTNews)

ACTNews,  COX’S BAZAR – Kabar duka kembali datang dari pengungsi Rohingya di distrik perbatasan Cox’s Bazar, Bangladesh. Banjir bandang dan tanah longsor melanda kamp-kamp pengungsi Rohingya pada Selasa (27/7/2021). 

Musibah ini diduga terjadi akibat hujan monsun yang terjadi beberapa hari belakangan. Kondisi kamp-kamp pengungsian yang terbuat dari bambu dan lembaran plastik yang menempel di bukit-bukit yang curam serta gundul, langsung meluluhlantakkan bangunan pengungsian.

Akibatnya enam orang tewas, termasuk di antara mereka adalah anak-anak. Sementara dua orang lainnya terluka dan telah dilarikan ke rumah sakit. Ribuan warga lain di sekitar titik bencana, telah direlokasi ke tempat aman.

Hampir satu juta pengungsi Rohingya tinggal di kamp-kamp yang penuh sesak di distrik perbatasan Cox's Bazar ini. “Musim hujan dan tanah longsor membuat situasi kami semakin genting,” ungkap salah seorang pengungsi Rohingya Mohammad Ismail.

Sementara itu, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) hadir di lokasi bencana membantu proses evakuasi para pengungsi di Kamp Pengungsian Kutupalong. Bahkan hingga Selasa (27/7/2021) malam, wilayah ini masih terus diguyur hujan lebat dan Kantor Cuaca Bangladesh memperkirakan hujan lebat akan berlanjut selama beberapa hari ke depan. []