Banjir Kalimantan Selatan, Ribuan Pengungsi Butuh Bantuan

Ribuan warga mengungsi ke beberapa tempat Seperti GOR dan Stadion. Namun, sejumlah fasilitas yang mereka tempati bisa dibilang belum benar-benar memadai.

banjir Kalsel
Sejumlah relawan ACT-MRI Kalimantan Selatan mengevakuasi korban banjir Kalimantan Selatan. (ACTNews)

ACTNews, KALIMANTAN SELATAN -- Banjir kembali melanda sejumlah wilayah Kalimantan Selatan. Lima kabupaten, yakni Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah. Tabalong, dan Hulu Sungai Selatan terendam.

Banjir masih memaksa ribuan warga mengungsi. Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin melaporkan lebih dari 25 ribu jiwa terdampak dan hampir lima ribu jiwa mengungsi.

“Ribuan warga mengungsi ke beberapa tempat Seperti GOR dan Stadion. Namun, sejumlah fasilitas yang mereka tempati bisa dibilang belum benar-benar memadai,” katanya, Kamis (2/12/2021).

Zainal melanjutkan, warga di pengungsian membutuhkan sejumlah bantuan mendesak. Seperti makanan siap saji, air minum, air bersih, pakaian hingga alas tidur. 

Berdasarkan data yang dihimpun Tim Tanggap Darurat Aksi Cepat Tanggap (ACT), 7.666 rumah terendam banjir. Sedangkan 10 jembatan dan 110 fasilitas umum rusak parah. Aliran listrik dan jaringan telepon terputus. Saat ini akses sejumlah desa di kaki pegunungan Meratus kembali terputus akibat longsor.[]