Banjir Melanda Dua Desa di Kabupaten Bone Bolango

“Sebanyak 60 KK atau 238 jiwa terdampak dan satu unit bangunan terpantau rusak. Belum ada warga yang dievakuasi,” terang Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bone Bolango Anita.

banjir Gorontalo
Banjir di Gorontalo. (BNPB)

ACTNews, BONE BOLANGO – Banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Banjir terjadi di Desa Cendana Putih dan Ilohuuwa yang berada di Kecamatan Bone, pada Rabu (8/9/2021).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bone Bolango menginformasikan hujan deras terjadi sejak dini hari, pukul 04.00 hingga  WITA.

“Sebanyak 60 KK atau 238 jiwa terdampak dan satu unit bangunan terpantau rusak. Belum ada warga yang dievakuasi,” terang Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bone Bolango Anita dalam keterangan yang diterima ACTNews, Kamis (9/9/2021).

Berdasarkan pantauan inaRISK, Kecamatan Bone bukan wilayah yang berada pada kawasan bahaya banjir kategori sedang hingga tinggi. Namun, wilayah Bone termasuk kabupaten dengan potensi bahaya tanah longsor kategori sedang hingga tinggi.

Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kecamatan Bone berada pada potensi gerakan tanah dengan kategori menengah hingga tinggi. Kondisi topografi dan curah hujan tinggi menjadi indikator yang patut diwaspadai saat memasuki musim hujan September ini.

Sedangkan menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, awal musim hujan tahun ini di wilayah Gorontalo diprediksi masuk bulan September hingga November 2021. Potensi hujan lebat disertai petir juga akan terjadi di wilayah Gorontalo pada dua hari kedepan 9-10 September 2021.[]