Banjir Picu Longsor di Ciganjur, Jakarta Selatan

Banjir akibat hujan deras di Jakarta pada Sabtu (10/10) sore ini memicu longsor di Ciganjur, Jakarta Selatan. Tim Disaster Emergency Response (DER) ACT dan satu unit armada diturunkan di lokasi guna evakuasi serta antisipasi keadaan darurat.

Tim Disaster and Emergency Response (DER) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) sedang menyusuri titik banjir di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Sabtu (10/10) malam ini. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA - Hujan deras beserta angin kencang kembali melanda Jakarta. Akibat hujan pada Sabtu (10/10) sore ini, sejumlah titik dilanda banjir. Salah satunya di Jalan Damai RT 4 RW 2, Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Ciganjur, Jakarta Selatan, banjir sekira 1 meter bahkan menyebabkan longsor di lingkungan sekitar permukiman. Hal ini diungkapkan oleh Irfan dari Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Raya.


"Tim beranggotakan 5 orang saat ini sudah tiba di lokasi. Kita sudah berkoordinasi dengan perwakilan warga dan saat ini informasinya untuk evakuasi sudah hampir clear. Jadi kita berfokus pada evakuasi dan bersiaga di sini apabila dibutuhkan bantuan mendesak," ujar Irfan.


Satu unit armada penyelamat dan sebuah perahu karet juga dipersiapkan bersama tim di lapangan untuk antisipasi keadaan darurat. "Sementara belum ada data jumlah korban terdampak," jelas Irfan.


Dari pantauan tim di lapangan hingga pukul 22.20 WIB, dilaporkan 1 orang meninggal dunia sementara 2 orang lainnya tengah dalam kondisi kritis. Sementara sekitar 1.200 orang mengungsi di 3 titik posko pengungsian dan beberapa juga mengungsi ke rumah kerabatnya yang tidak terdampak. Irfan mengajak kepada para dermawan untuk terus membersamai warga di tengah kondisi darurat ini.


"Kami akan selalu bersiaga di tengah potensi bencana ini. Oleh karenanya, kami juga mengajak kepada para dermawan untuk menunjukkan kepeduliannya di tengah potensi bencana ini. Bantuan dapat disalurkan melalui laman Indonesia Dermawan, atau transfer langsung melalui BNI Syariah di nomor 99 00000 43," ajak Irfan. []