Banjir Rendam 6 Wilayah di Babel, Warga: Banjir Kali Ini Lebih Tinggi

Menurut data BPBD Kepulauan Bangka Belitung, banjir rob dengan ketinggian air 60 hingga 70 sentimeter merendam enam kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Belitung Timur, dan Kota Pangkal Pinang.

Banjir Rendam 6 Wilayah di Babel, Warga: Banjir Kali Ini Lebih Tinggi' photo
ACT dan MRI Bangka Belitung membagikan makanan siap santap untuk warga terdampak banjir di sejumlah wilayah di Kepulauan Bangka Belitung. (ACTNews/Shafia Fathina Izzati)

ACTNews, PANGKAL PINANG, Hujan yang melanda Kota Pangkal Pinang sejak Selasa malam (12/1/2021) hingga Rabu siang (13/1/2021) menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Kepulauan Bangka Belitung. Menurut data BPBD Kepulauan Bangka Belitung, banjir rob dengan ketinggian air 60 hingga 70 sentimeter merendam enam kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Belitung Timur, dan Kota Pangkal Pinang. Banjir ini menyebabkan ratusan rumah terendam dan puluhan rumah hancur akibat diterjang banjir rob. 

Berdasarkan penuturan salah satu warga yang tinggal di Kampung Seberang, banjir kali ini lebih tinggi dibandingkan banjir-banjir yang sebelumnya pernah terjadi. Air masuk ke dalam rumahnya hingga mencapai lutut, namun warga masih sempat memindahkan barang-barang elektronik dan berharga ke tempat yang lebih tinggi. 

Warga lainnya juga mengatakan bahwa hampir seluruh bagian di rumahnya tergenang air banjir rob tersebut. Saat itu, beberapa masyarakat masih menjemur sofa, karpet, kasur, dan peralatan yang basah terkena banjir. 

Rabu (13/1/2021) Tim Tanggap Darurat ACT dan MRI Bangka Belitung terjun ke lokasi-lokasi di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Induk untuk membagikan paket makanan untuk warga terdampak bencana banjir. “Hampir seluruh rumah di kampung ini terendam air dan mereka mengatakan bahwa salah satu bantuan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah paket makanan sehingga kami langsung membagikan paket makanan,” ungkap Bobby Bagaskara dari Tim Program ACT Bangka Belitung.

Saat ini kondisi banjir rob yang terjadi sudah semakin surut, namun masyarakat tetap diimbau untuk waspada dikarenakan curah hujan yang tinggi dan pasang air laut yang akan terus berlangsung selama beberapa hari ke depan. []