Banjir Rendam Palestina Saat Musim Dingin

Sejumlah wilayah Palestina dilanda banjir usai hujan deras mengguyur selama beberapa hari.

banjir palestina
Wilayah Gaza dilanda banjir usai hujan deras mengguyur selama beberapa hari. (Dokumen Istimewa)

ACTNews, GAZA – Hujan deras yang turun selama beberapa hari, membuat sejumlah wilayah Palestina dilanda banjir pada Kamis (13/1/2022) hingga Jumat (15/1/2022). Di Gaza, wilayah yang diterjang banjir yaitu Gaza Utara, Kota Gaza, dan Khan Younis di Gaza Selatan. Sementara di Yerusalem, banjir merendam hampir satu meter di wilayah Kafr, Utara Al Quds.

Berdasarkan laporan yang diterima tim ACTNews, banyak mobil milik warga Palestina yang terendam banjir. Para siswa di Gaza pun mengeluhkan tidak bisa berangkat ke sekolah sebab jalan tertutup air dan tidak bisa dilalui.

Di sejumlah kamp pengungsian di wilayah Jabalia, banyak tenda pengungsi yang rusak diterjang badai ketika hujan. Atap tenda yang berlubang juga membuat air hujan masuk dan membasahi seisi tenda.

Intensitas hujan di Palestina meningkat ketika musim dingin. Berdasarkan data dari Departemen Meteorologi Palestina (PMD, suhu akan mencapai 4 derajat Celcius di sejumlah wilayah Palestina dalam beberapa waktu ke depan.


Ambulans dikerahkan untuk membantu korban banjir. (ACTNews) 

PMD juga memperingatkan warga Palestina untuk waspada sebab hujan dan badai angin berkecepatan 70 kilometer per jam masih akan terus terjadi.

Sebagai langkah awal, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Palestina telah mengerahkan ambulans pre-hospital ke sejumlah lokasi terdampak banjir. Tim medis ACT memberikan layanan kesehatan ke rumah-rumah korban banjir.

"Dari pantauan tim ACT di lapangan, saat ini para korban membutuhkan bantuan berupa kasur matras, selimut, dan juga pakaian. Selain itu, pemulihan untuk banyak rumah terdampak di wilayah kamp pengungsian adalah berupa renovasi rumah," kata Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT, Senin (17/1/2022).[]