Banjir Rob Genangi Kampung Muara, ACT dan Komunitas Gerakan Peduli Sesama Respons Kebutuhan Pangan Warga

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Tangerang dan Komunitas Gerakan Peduli Sesama mendistribusikan sejumlah makanan siap saji beserta roti kepada para penyintas.

banjir rob tangerang
Ada sekitar 400 kepala keluarga terdampak banjir di Kecamatan Teluknaga. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN TANGERANG – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Tangerang bersama dengan Komunitas Gerakan Peduli Sesama, mengunjungi warga terdampak banjir rob di Kampung Muara, Desa Lemo, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Ahad (5/12/2021). 

Banjir rob diduga disebabkan oleh air laut yang sedang pasang tinggi, dan sudah terjadi sejak Kamis (2/12/2021). Hal ini ditambah juga dengan hujan yang terus mengguyur di wilayah Kabupaten Tangerang.

Terhitung ada total sekitar 400 kepala keluarga terdampak dari 10 RT yang ada di Kecamatan Teluknaga. Dari pantauan tim, di beberapa RT bahkan banjir mencapai sekitar setengah meter. Meski begitu warga masih bertahan di kediaman masing-masing.


Hendar selaku warga Kampung Muara mengatakan, bahwa banjir rob akan surut saat sore hari tiba. “Air laut akan pasang dan masuk ke kampung sekitar jam satu dini hari hingga pukul lima pagi. Ketika sedang pasang, banjir masuk ke pemukiman warga hingga setengah meter,” jelasnya.

Untuk membantu pangan korban, ACT bersama Komunitas Gerakan Peduli Sesama mendistribusikan makanan siap saji beserta roti untuk warga terdampak di Kampung Muara. “Semoga apa yang kita berikan kepada mereka bisa mengurangi beban mereka yang terdampak. Tim ACT juga akan siap kapan pun untuk membantu warga yang membutuhkan,” ucap Muhammad Ridwan Marsudi sebagai Koordinator Program ACT Kabupaten Tangerang. []