Banjir Rob Terjang Pekalongan, MRI-ACT Terjun Evakuasi Warga

Banjir Rob Terjang Pekalongan, MRI-ACT Terjun Evakuasi Warga

ACTNews, PEKALONGAN - Imbas dari hujan yang terus mengguyur ditambah dengan pasangnya air laut (rob), 11 kelurahan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah dilanda banjir, Jumat lalu (1/12). Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Pekalongan pun terjun mengevakuasi warga serta menyalurkan bantuan logistik ke wilayah pemukiman penduduk yang terendam banjir tersebut pada Sabtu (2/12) .

Bantuan logistik berupa makanan siap saji, obat-obatan, selimut yang merupakan partisipasi PLN Peduli lantas dibagikan ke titik wilayah terendam banjir rob. wilayah terdampak tersebut di antaranya Kelurahan Jeruk Sari, Pabean, Pasir Sari, Kramat Sari, Kandang Panjang, Panjang wetan, Bandengan, Krapyak, Panjang Baru, Dukuh, Degayu, Pasir Kramat, dan Pedukuhan Kraton. Meskipun ketinggian air mencapai sekitar 50 sentimeter, sebagian warga memilih tetap bertahan di rumahnya masing-masing.

Menurut Abdillah, salah satu relawan MRI Pekalongan, banjir rob yang terjadi akibat tanggul penahan gelombang air laut di pantai jebol. Akibatnya, air laut meluap menerjang pemukiman warga hingga menelan dua korban jiwa.

“Sekitar 800 jiwa dari 11 kelurahan mengungsi karena rob masuk ke dalam rumah dan tak mungkin bisa bertahan di dalamnya. Tetapi, masih banyak juga yang tidak mengungsi karena ingin menjaga harta benda mereka,” ujar Abdillah, di sela kegiatan evakuasi warga yang masih terjebak di dalam rumah.

Tim relawan MRI-ACT lantas menyisir sejumlah posko pengungsian darurat yang berada di kantor kecamatan, rusunawa, dan masjid-masjid dengan membagikan sejumlah bantuan logistik. Selanjutnya tim berkordinasi dengan pihak kecamatan untuk bersiaga terhadap gelombang banjir rob susulan yang dapat kembali menerjang sewaktu-waktu.

“Kami memantau air laut yang sedang pasang surut. Kami siap siaga ketika air pasang, kalau-kalau rob kembali datang,” imbuh Abdillah.

Banjir rob yang menerjang Kota Pekalongan tersebut setidaknya telah menyebabkan 3 rumah mengalami rusak parah. Jalan utama kota di Pekalongan Utara serta akses jalan raya di tiap-tiap kelurahan terdampak banjir turut hancur. []

Sumber Foto: Antara, ACT
Tag

Belum ada tag sama sekali