Banjir Terjang 4 Kelurahan di Kota Bengkulu

Keempat kelurahan tersebut antara lain Kelurahan Tanjung Agung dan Kelurahan Sukamerindu di Kecamatan Sungai Serut serta Kelurahan Rawa Makmur dan Kelurahan Pinang Mas di Kecamatan Muara Bangkahulu.

Banjir Terjang 4 Kelurahan di Kota Bengkulu' photo
Kondisi Banjir Di Jl. Irian, Kelurahan Suka Merindu, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu. (ACTNews/Apra Julianda Poetra)

ACTNews, BENGKULU - Hujan deras yang mengguyur Kota Bengkulu pada Sabtu (28/11) mengakibatkan sungai-sungai yang ada di kota tersebut meluap. Akibatnya, 4 kelurahan di Bengkulu terendam banjir pada Ahad (29/11). Keempat kelurahan tersebut antara lain Kelurahan Tanjung Agung dan Kelurahan Sukamerindu di Kecamatan Sungai Serut serta Kelurahan Rawa Makmur dan Kelurahan Pinang Mas di Kecamatan Muara Bangkahulu.

Menurut laporan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bengkulu, banjir merendam permukiman warga sejak Sabtu pukul 23.00. "Akan tetapi, banjir tersebut belum terlalu parah. Akibat hujan lebat pagi tadi, Banjir pun semakin parah. Lebih dari 450 keluarga terdampak banjir, dengan ketinggian air bervariasi, sekitar 50-100 cm,” jelas Debi selaku Ketua Pengurus Daerah MRI Kota Bengkulu, Ahad (29/11).

Ahad pagi, ACT bersama MRI Bengkulu meninjau kondisi banjir sekaligus membantu warga untuk evakuasi. “Kami membantu warga yang berada di Perumahan Ejuka, Kelurahan Pinang Mas. Lalu, insyaallah kami akan melakukan kegiatan selanjutnya dengan membuka posko kemanusiaan dan melakukan kebersihan ke tempat terdampak setelah banjir surut," imbuh Debi.

Saat ini, warga membutuhkan bantuan logistik. “Kami pun tengah menggalang dana untuk membantu korban banjir di Maluku. Masyarakat yang ingin berdonasi bisa langsung ke laman Indonesia Dermawan. Insyaallah, donasi yang terhimpun akan disalurkan untuk masyarakat Bengkulu yang terdampak banjir,” terang Annisa Al Karimah dari Tim Program ACT Bengkulu.[]