Banjir Terjang Kabupaten Bandung, ACT Evakuasi Warga di 2 Kecamatan

Banjir Terjang Kabupaten Bandung, ACT Evakuasi Warga di 2 Kecamatan

ACTNews, BANDUNG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jawa Barat terjun mengevakuasi warga Kampung Bojong Asih, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jumat (10/11). Pasalnya, hujan dengan intensitas tinggi yang kerap mengguyur sejak awal November menyebabkan air sungai Cikapudung, Cisangkuy, dan Citarum meluap. Akibatnya, sejumlah pemukiman di wilayah selatan Kota Kembang tersebut terendam banjir.

Menurut pantauan Disaster Emergency and Relief Management (DERM) ACT, banjir yang terjadi sejak Selasa (7/10) lalu sebenarnya telah surut dari beberapa wilayah. Namun, hingga kini air setinggi 100-185 sentimeter masih menggenang di tiga titik kecamatan, yakni Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot .

Jumat pagi (10/11), tepatnya pukul 06.00 WIB, meski hujan masih mengguyur, ketujuh anggota Tim Rescue DERM-ACT Jabar bergerak menuju jalur bantaran Sungai Citarum, di mana warga banyak terjebak.

Kedatangan Tim Rescue MRI-ACT sontak disambut antusias oleh warga yang terjebak di dalam lantai dua rumah mereka. Perahu karet rupanya telah ditunggu warga sebab mereka membutuhkan sarana evakuasi yang ideal serta aman. Sebelumnya, alat yang ada hanyalah ban yang dijadikan perahu maupun sampan kayu kecil.

Aksi evakuasi yang dilakukan di dua kecamatan, yaitu Dayeuhkolot dan Baleendah, berjalan dengan lancar pada Jumat pagi itu. Namun demikian, Menurut Atep Salman selaku Kordinator Tim Rescue MRI-ACT, timnya akan bersiaga selama 24 jam penuh di wilayah Dayeuhkolot untuk membantu evakuasi warga hingga banjir surut.

“Sebanyak 2 unit perahu karet kita siapkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan evakuasi banjir. Satu unit akan standby dekat pemukiman warga, sementara satu unit lainnya akan digunakan untuk bergerak ke daerah-daerah yang masih tergenang lainnya,” jelas Atep.

Perahu karet tak hanya bersiaga sebagai transportasi darurat, namun juga akan digunakan untuk mendistribusikan bantuan makanan siap saji kepada masyarakat. Banjir yang melanda tentunya membuat aktivitas dapur menjadi lumpuh.

Saat ini kebutuhan lain yang dibutuhkan warga adalah obat-obatan dan vitamin, selimut, peralatan mandi, serta air minum. []

Tag

Belum ada tag sama sekali