Banjir Terjang Kabupaten Garut, Ribuan Jiwa Terisolir

Banjir bandang mengakibatkan jembatan penghubung satu-satunya antara Kampung Sukalilah dan Kampung Cipelag terputus. Ribuan jiwa terisolir.

banjir garut
Jembatan penghubung Kampung Sukalilah dan Kampung Cipelag putus usai diterjang banjir bandang, Sabtu (6/11/2021). (ACTNews)

ACTNews, GARUT — Ribuan jiwa di Desa Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, terisolir usai banjir bandang merusak jembatan penyeberangan. Seluruh aktivitas masyarakat terhambat.

Tim program ACT Kabupaten Garut Rizky Nugraha mengatakan jembatan penghubung tersebut merupakan penghubung satu-satunya antara Kampung Sukalilah dan Kampung Cipelag. Meski saat ini jembatan sementara sudah dibangun, kata Rizky, jembatan tersebut sangat ringkih dan menimbulkan kekhawatiran pelintas saat melewatinya.

“Jembatan sementara sudah dibangun, menggunakan material kayu dan bambu. Untuk sementara masih bisa dilewati namun sangat ringkih, khawatir tidak bertahan lama,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (10/11/2021).

Rizky khawatir, musim penghujan seperti ini, hujan deras bisa saja kembali terjadi dan mengakibatkan air sungai kembali meluap. Jembatan penghubung juga memungkinkan terputus.

Banjir waktu lalu nampaknya menyebabkan puluhan hektar pertanian milik warga terendam lumpur sehingga berpotensi gagal panen. Padahal, tahun ini menurut warga sekitar panen akan terjadi di akhir tahun.

Selain itu, banjir mengakibatkan lima rumah rusak parah. Rumah tersebut bahkan rata dengan tanah tanpa sisa puing-puing. Rizky melanjutkan, warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah masih mengungsi di rumah tetangganya. Sementara beberapa lainnya tinggal di tenda pengungsian. 

“Warga sangat membutuhkan bantuan berupa pakaian, bahan makanan, alas tidur, obat-obatan, selimut dan beberapa perlengkapan lainnya. Saat ini, baru sebagian bantuan yang bisa memenuhi kebutuhan warga,” kata Rizky.

Untuk itu, MRI-ACT Kabupaten Garut tengah memaksimalkan upaya dalam proses evakuasi warga dan mendistribusikan peralatan kebersihan. Rizky berharap, kebaikan Sahabat Dermawan bisa membersamai para penyintas banjir di Garut.[]