Banjir Terjang Ratusan Rumah di Lombok Barat

Kepala Cabang ACT NTB, M Romi Saefudin mengatakan sampai dengan saat ini tinggi muka air di permukiman warga masih belum menunjukkan tanda akan surut. Air sungai masih meluap merendam sejumlah desa di Kabupaten Lombok Barat di antaranya Desa Gunung Sari dan Desa Taman Sari.

banjir lombok barat
Banjir menerjang ratusan rumah wilayah di Kabupaten Lombok Barat, Selasa (7/12/2021) (ACTNews)

ACTNews, LOMBOK BARAT -- Ratusan rumah terendam banjir di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin (6/12/2021). Ketinggian muka air bervariasi, namun rata-rata mencapai dua meter.

Kepala Cabang ACT NTB, M Romi Saefudin mengatakan, sampai dengan saat ini tinggi muka air di permukiman warga masih belum menunjukkan tanda akan surut. Air sungai masih meluap merendam sejumlah desa di Kabupaten Lombok Barat diantaranya Desa Gunung Sari dan Desa Taman Sari.

“Banjir dipicu hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Lombok sejak Ahad (5/12/2021) hingga menyapu rumah yang ada di bantaran sungai,” ujarnya, Selasa (7/12/2021).

Merespons hal tersebut, Tim Tanggap Darurat ACT telah disiagakan untuk memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak banjir. Mulai dari menyediakan tempat mengungsi sementara, menempatkan pengungsi di tempat aman hingga melakukan asesmen terkait dengan kebutuhan pengungsi.

“Alhamdulillah, bantuan masih terus kita kerahkan, mulai dari aksi penyelamatan korban banjir, memberikan pelayanan medis dan mendirikan dapur umum di tiga titik,” kata Romi.

Ia melanjutkan bahwa sampai dengan saat ini, tim masih terus siaga di lokasi. Mengingat curah hujan masih tinggi dan memungkinkan banjir kembali terjadi. “Tim masih kita siagakan di lapangan untuk mengantisipasi adanya banjir susulan,” ujarnya.[]