Bank Indonesia dan Global Qurban-ACT Distribusikan Kurban untuk Masyarakat Terdampak Erupsi Sinabung

Sebagai bank sentral milik negara, kepedulian Bank Indonesia untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Sinabung sangatlah dirindukan. Adanya kegiatan kurban membuat warga yang sempat terpencar, kembali berkumpul.

bi kurban sinabung
Warga terdampak erupsi Gunung Sinabung menerima daging kurban dari Bank Indonesia dan Global Qurban-ACT. (ACTNews)

ACTNews, KARO – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara, mendistribusikan empat ekor sapi, untuk warga di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu (21/07/2021). Bantuan ini didistribusikan ke empat desa yang terletak di wilayah kaki Gunung Sinabung.

Sebanyak 571 paket qurban didistribusikan ke empat desa yaitu Desa Sigarang Garang, Desa Kuta Gugung, Desa Kuta Rakyat dan Desa Kuta Mbelin. Masyarakat yang menjadi petani saat ini mengalami gagal panen akibat erupsi Gunung Sinabung yang terus menerus terjadi. 

Gagal panen yang tak berkesudahan membuat ekonomi mereka semakin sulit. Hal ini turut menjadi perhatian Bank Indonesia melaksanakan kurban bersama Global Qurban-ACT. Tujuannya membantu meringankan beban dan membahagiakan mereka dalam perayaan Iduladha tahun ini. 

Ilham Moehammad dari tim program ACT Sumatera Utara mengatakan, duka masyarakat terdampak erupsi Gunung Sinabung dirasakan semua elemen masyarakat. Bank Indonesia sebagai bank sentral milik negara menunjukkan kepeduliannya. Bersama Global Qurban-ACT, BI berkolaborasi mengadakan kurban untuk warga terdampak erupsi yang kondisi ekonominya semakin sulit. 

“Terima kasih Bank Indonesia atas kepercayaannya kepada Global Qurban-ACT untuk berkolaborasi menyelenggarakan penyembelihan dan pendistribusian kurban kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Sinabung,” kata Ilham. 

Frans Ginting selaku perangkat desa Sigarang Garang mengatakan, kurban bersama Bank Indonesia menghadirkan keceriaan untuk masyarakat yang saat ini was-was akan erupsi Gunung Sinabung. Terima kasih atas kepeduliannya semoga ke depan semakin banyak aksi serupa. 

“Kami sangat berterimakasih kepada Bank Indonesia dan Global Qurban-ACT yang sudah menghadirkan kurban di desa kami. Masyarakat sangat merindukan kegiatan seperti ini, lokasi kami yang hanya berjarak 2 kilometer dari kaki Gunung Sinabung membuat saat ini kami menjadi terpencar-pencar dan kegiatan ini menjadikan kami berkumpul lagi,” katanya. 

Noni warga Desa Sigarang Garang sangat senang ketika mengetahui Bank Indonesia dan Global Qurban-ACT melaksanakan penyembelihan dan distribusi kurban di daerahnya. “Erupsi membuat kami takut kurban dibatalkan dan kami tidak jadi mendapatkan hewan kurban. Terimakasih kepada Bank Indonesia dan ACT sudah memberikan kami daging kurban, kami sangat bersyukur,” ungkap Noni.[]