Bank Sumut Dukung Penanganan Banjir Sergai Bersama MRI-ACT

Banjir berkepanjangan yang terjadi empat kecamatan di Serdang Bedagai membawa kepedulian dari berbagai pihak. Bank Sumut salah satunya yang ikut mendukung penanganan banjir bersama relawan MRI.

banjir sergai
Relawan MRI di banjir Serdang Bedagai. (ACTNews)

ACTNews, SERDANG BEDAGAI Sejumlah wilayah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, dilanda banjir besar. Hingga Jumat (12/11/2021), banjir telah merendam selama 10 hari. Akibat bencana ini, permukiman serta aktivitas masyarakat terganggu.

Dari data yang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Medan himpun, 8.843 jiwa dari 5 ribu lebih keluarga terdampak banjir. Mereka tersebar di empat kecamatan di Serdang Bedagai, yaitu Sei Rampah, Tanjung Beringin, Sei Bamban dan Sipisis. Banjir ini terjadi dipicu hujan dengan intensitas tinggi di wilayah pegunungan serta pasang air laut.

“Ketinggian air bervariasi di tiap titik, hal ini tentu membuat penyintas tidak nyaman dan menimbulkan rasa khawatir akan bencana yang lebih besar. Sebagian warga sudah mengungsi ke posko darurat, sebagian lainnya ada yang bertahan di dalam rumah masing-masing,” jelas Muharrom Dani dari tim Program ACT Medan, Kamis (11/11/2021).

Namun ternyata, banjir besar ini menggerakkan kedermawanan dari berbagai lapisan masyarakat. ACT misalnya, mendapatkan amanah dari masyarakat untuk disalurkan ke warga terdampak banjir. Pengiriman relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) juga kembali dilakukan, beranggotakan 10 relawan, tim ini akan mendampingi warga, mulai dari evakuasi hingga distribusi bantuan.

“Ini kedua kalinya, alias tim tambahan yang kami kirim untuk membantu warga di Serdang Bedagai yang terdampak banjir. Dengan peralatan tanggap darurat yang didukung Bank Sumut, tim ini bergerak merespons bencana yang durasinya cukup lama ini,” tambah Dani.

Posko Kemanusiaan ACT juga sudah berdiri untuk menampung logistik bantuan sebelum didistribusikan ke warga. Pusat koordinasi ini berada di Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah. Seluruh bantuan yang hadir merupakan amanah dari masyarakat yang tersalurkan.[]